Segera! JTP 3 Bakal Punya Wisata Demokrasi

KOTA BATU – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menunjuk Kota Batu sebagai tempat dibangunnya Rumah Pintar Pemilu Nasional (RPPN) kedua setelah Kota Yogyakarta. Oleh sebab itu pada Jatimpark 3 akan ‘melahirkan’ wahana baru berupa spot wisata demokrasi.

“Jadi pada spot wisata demokrasi ini akan ada tiga ruangan dan sebagai edukasi pada masyarakat terutama bagi pemula,” jelas Marlina S.p M.Si Divisi Sumber Daya Manusia Peranan Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan KPU Kota Batu. Ia juga menerangkan KPU Kota Batu diminta untuk menyusun Rencana Anggaran Belanja (RAB) oleh KPU RI yang nantinya seluruh anggaran akan dibiayai oleh KPU RI.

Konsep wisata demokrasi yang akan dibangun di Jatimpark 3 akan membuat tiga ruangan, pertama ruang visualisasi yang berisikan 15 laptop touchscreen dan nantinya akan digunakan untuk mengisi kuesioner dan nantinya akan dinilai tingkat pemahaman masyarakat. Pada ruang kedua akan digunakan ruang simulasi yang nantinya akan diisi dengan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) kecil berdasarkan urutan seperti pada TPS pada umumnya.

“Ruang terakhir akan kami isi dengan ruang diskusi dan edukasi. Di sana akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, dan jurnal,” imbuh Marlina. Ia juga menjelaskan KPU RI juga telah mengadakan MOU dengan Jatimpark Group.

Marlina juga menjelaskan pembangunan wahana baru pada Jatimpark 3 ditarget oleh KPU RI dalam kurun waktu 3 hingga 4 bulan ke depan. “Oleh sebab itu saat ini kami akan terus membicarakan dengan anggota DPRD Kota Batu dan melakukan follow up secara berkelanjutan,” tandasnya.



Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia