Segera, Ada Beasiswa Radar Malang di IAI Al-Qolam

Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam di Gondanglegi, Kabupaten Malang, terus melakukan pengembangan. Paling gres, kampus ini kemarin (30/5) melaksanakan memorandum of understanding (MoU) dengan Jawa Pos Radar Malang. Akan ada banyak kegiatan dan program yang akan dikolaborasikan. Paling konkret, tahun ini di kampus riset berbasis pesantren tersebut akan ada beasiswa Jawa Pos Radar Malang. ”Rencananya ada 40 beasiswa untuk dua program studi,” ucap Dr Muhammad Adib MAg usai penandatanganan MoU di kantor Jawa Pos Radar Malang kemarin.

MALANG KOTA – Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam di Gondanglegi, Kabupaten Malang, terus melakukan pengembangan. Paling gres, kampus ini kemarin (30/5) melaksanakan memorandum of understanding (MoU) dengan Jawa Pos Radar Malang. Akan ada banyak kegiatan dan program yang akan dikolaborasikan.
Paling konkret, tahun ini di kampus riset berbasis pesantren tersebut akan ada beasiswa Jawa Pos Radar Malang. ”Rencananya ada 40 beasiswa untuk dua program studi,” ucap Dr Muhammad Adib MAg usai penandatanganan MoU di kantor Jawa Pos Radar Malang kemarin.

Kedua program studi yang dimaksud adalah program studi Komunikasi Penyiaran Islam (HKI) di bawah Fakultas Dakwah, dan program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) di bawah Fakultas Syariah. ”Nanti dari ratusan pendaftar akan kami saring melalui tahap administrasi dan tes,” papar pria berusia 43 tahun ini.

Menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan media memang menjadi impian lama IAI AL-Qolam. Adib menilai, mahasiswa saat ini memiliki kemampuan literasi media yang bisa dimaksimalkan. ”Mahasiswa dimudahkan dengan teknologi tetapi tidak mampu membaca media dengan baik,” ujar rektor yang menjabat sejak 2014 ini.

Mantan kepala program studi (kaprodi) Hukum Keluarga Islam ini menjelaskan beasiswa, Radar Malang sangat berarti bagi IAI Al-Qolam. Menurutnya, dalam program beasiswa ini siswa akan digenjot akan kemampuan literasi medianya. ”Saya inginnya mahasiswa bisa mengendalikan teknologi, tetapi juga cakap informasi,” jelasnya.

Untuk itu, di dalam penandatangan MoU dengan Radar Malang, beasiswa ini memiliki keunggulan yang berbeda dengan beasiswa lainnya. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini memiliki prioritas untuk terlibat langsung melihat proses kerja media. ”Nanti penerima beasiswa ini bisa belajar jurnalistik, editing, dan bisa magang di Radar Malang,” pungkasnya.



Sementara itu, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad berharap adanya kerja sama ini bisa membuat kedua lembaga semakin maju. ”Kita harus berkolaborasi agar bisa maju bersama-sama,” kata Kum, sapaan akrabnya.

MoU kemarin ditandatangani langsung oleh Rektor Dr Muhammad Adib MAg dan General Manager Radar Malang Don Virgo. Hadir juga dalam MoU kemarin Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, Wakil Rektor I Abdurrahman Said, dan sejumlah dosen seperti Mudhofar SAg SPd MPd, Muhammad Husni MPd, dan lain-lain.

Pewarta : ES
Penyunting : Irham Thoriq
Copy Editor : Arief Rohman