Sedekah Ala Ahli Kunci di Malang, Sukarela Benahi Kunci Loker Masjid

MALANG KOTA – Beramal sesuai keahlian. Itulah yang dilakukan Sekelompok orang yang tergabung dalam Malang Locksmith Group. Kumpulan para tukang kunci di Malang ini bersedekah dengan cara yang tidak biasa.

Mereka membetulkan loker-loker di sejumlah masjid yang sudah kehilangan kuncinya atau rusak. Loker-loker itumereka sulap jadi layaknya baru lagi. Hal itu seperti yang terlihat Minggu, (9/10) mereka yang juga tergabung dalam Indonesia Locksmith Group itu melakukannya secara sukarela.

Masjid Al-Falah MAN 2 Kota Malang jadi salah satu lokasi ‘bedah loker’ mereka kali ini. “Untuk pembenahan loker masjid ini kita sukarela, semua bahan juga dari kita,” sebut Didit Hariyanto, pria yang sudah menjadi tukang kunci sejak tahun 1998 ini.

Profesi yang memang anti mainstream ini memang membutuhkan skill khusus dalam pembuatan atau pembenahan sebuah kunci. “Tiap loker itu pengerjaannya juga cepat soalnya kita ada 33 anggota member,” ungkap pria yang juga memiliki lapak di daerah Pasar Comboran, Kidul Pasar, Kota Malang ini.

Sekelompok orang yang berprofesi sebagai tukang kunci itu mengaku juga sering dapat job yang menggarap loker atau brankas di pemerintahan. “Tapi kalau di pemerintahan ya berbayar,” katanya.



Di pemerintahan, yang sering jadi garapan komunitas yang terbentuk tahun lalu ini biasanya adalah loker-loker penting yang kuncinya hilang ataupun sudah rusak.

Tiap dua bulan mereka juga mengaku rutin untuk kumpul bersama. Apa yang diabahas? Kunci tentunya. “Ya kalau ngumpul gak jauh dari membahas dan sharing tentang kunci atau brankas, biasanya juga nambah ilmu dan informasi, soalnya dari pekerjaan kita juga dituntut buat terus belajar” ujar pria paruh baya ini.

Sehari, lima hingga sepuluh pelanggan diakui Didit mampir di lapaknya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Elfran Vido