Sebelum Diledakkan, Puluhan Bom Ditimbun Tanah

Peledakan Bom

RADAR MALANG ONLINE – Puluhan bom ditemukan di rumah kontrakan Tri Murtiono. Alamatnya di Jalan Medokan Ayu Raya VI no 2A, Surabaya. Murtiono sendiri merupakan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Surabaya, Senin (14/5) pagi.

Kini, puluhan bom yang ditemukan masih dalam proses penjinakan. Aparat kepolian akan meledakkannya. Lokasi peledakan di sebuah lahan kosong dalam Kompleks Kodim 0831, Medokan Semampir, Surabaya.

Berdasarkan pantauan RADAR MALANG ONLINE di lokasi, Selasa (15/5), sudah ada dua kendaraan berat ekskavator dan dua dump truk yang sedang melakukan penggalian. Proses ini sudah berlangsung sejak pukul 14.00 WIB.

Proses penggalian tanah untuk penjinakan bom di Kompleks Kodim 0831, Medokan Semampir, Surabaya, Selasa (15/5). (Moh Mukit/RADAR MALANG ONLINE)

Beberapa kendaraan taktis seperti penjinak bom (jibom) dan bus milik Gegana juga tampak memasuki area peledakan. Informasinya, proses peledakan membutuhkan kedalaman minimal 2 meter.



Setelah proses penggalian selesai, seluruh bom yang berhasil dievakuasi akan dimasukkan ke lubang. Lalu bom ditimbun sebelum dilakukan peledakan.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan tidak memberikan kepastian waktu atas proses penggalian. Yang jelas, proses peledak akan dilakukan secepatnya. “Mohon bersabar dulu ya. Kami sudah minta agar dilakukan secepat-cepatnya,” ucap Rudi kepada RADAR MALANG ONLINE di lokasi.

Sekarang, proses penggalian dikabarkan telah rampung. Namun peugas masih menunggu proses pemindahan bom dari rumah Tri Murtiono menuju lokasi peledakan.

(mkd/JPC)