Sebarkan Semangat Kepemimpinan, Panglima TNI Hadiri Wisuda UMM

Dari kiri, Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam acara di Lanud Abdulrachman Saleh kemarin (23/2).

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Wisuda Ke-87 Periode I Tahun 2018 di UMM Dome hari ini (24/2). Istimewanya, wisuda kali ini dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Perlu diketahui, dalam setahun ini, UMM sudah empat kali menggelar wisuda. Kali ini, wisuda diikuti 1.121 lulusan. Terdiri dari 26 lulusan Diploma 3, 1.015 lulusan Sarjana Strata I, 73 lulusan Sarjana Strata 2, 7 lulusan Doktor Strata 3, dan 3 lulusan Program Profesi.

Sementara, Marsekal Hadi Tjahjanto yang bakal hadir dalam acara wisuda hari ini, seperti diketahui, merupakan salah satu putra terbaik dari Kota Malang. Hadi yang lahir di Malang pada 8 November 1963 silam memulai karir sebagai pilot Angkatan Udara di Skadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, JawaTimur, hingga menjabat Komandan Flight Ops A Flight alat Skuadron Udara 32 Wing 2. Berkat prestasinya, Hadi kemudian dipercaya menjabat sebagai komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah, pada 2010–2011.

Jiwa kepemimpinan Hadi terus terasah sejalan dengan karir yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hadi sempat dipercaya sebagai Irjen Kementerian Pertahanan RI, Sekretaris Militer Presiden, hingga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Kehadiran Hadi dalam Wisuda Ke-87 Periode I Tahun 2018 diharapkan dapat memercikkan semangat kepemimpinan yang juga sejalan dengan motto UMM, Students Today Leaders Tomorrow. Di UMM, mahasiswa ditempa berbagai latihan kepemimpinan. Mulai dari tingkat dasar, menengah, maupun advance, baik level lokal, regional, nasional, bahkan internasional di berbagai bidang, formal maupun informal, untuk menjadi pemimpin masa depan.

Selain itu, untuk mempertahankan prestasi, UMM juga melakukan berbagai inovasi dan penguatan sistem pengembangan potensi serta keunggulan mahasiswa. Hal tersebut bahkan selalu menjadi prioritas utama. Program pembinaan dan pengembangan karya-karya kreatif mahasiswa menjadi fokus utama. Hal tersebut sesuai dengan prinsip pembinaan kemahasiswaan, yakni dari partisipasi menuju prestasi.

Sementara itu, Rektor UMM Drs Fauzan MPd menyatakan, UMM selalu melakukan pembaharuan, utamanya dalam mendukung, mengoptimalkan, dan menyempurnakan bidang akademik. Berbagai inovasi juga terus dilakukan.

”Prasarana dan proses pembelajaran selalu mengalami pembaharuan yang diproyeksikan agar lulusan UMM mempunyai karakter dan profesional di bidangnya,” tegasnya.

Selain itu, Fauzan juga menyampaikan, dirinya percaya lulusan UMM akan mampu memainkan peran di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang telah dikuasai serta tanggung jawab yang tersemat sebagai alumni yang hebat.

”Di samping itu, bekal spiritual yang mengedepankan penguatan iman dan amal yang melekat dalam proses pendidikan yang diselenggarakan oleh UMM, akan mampu memberikan dasar yang kokoh serta panduan arah yang kukuh dalam dinamika kegiatan beramal ilmiah dan berilmu yang amaliah,” pungkasnya.

Pewarta: Indra Mufarendra
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy editor: Arief Rohman
Foto: Farik Fajarwati