Sebagai ‘Mahmud’, Natasha Rizki Ungkap Rahasia Tingkatkan Produksi ASI

Sebagai 'Mahmud', Natasha Rizki Ungkap Rahasia Tingkatkan Produksi ASI

Oleh karena itu, dia memilih meninggalkan hingar-bingar dunia hiburan dan fokus menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya.

“Kalau kendala nikah muda pasti sih. kayaknya nggak cuman jarak (usia) aku sama Desta aja yang jauh tapi yang seumuran aja pasti ada kendala. Aku mengambil jalan dengan keikhlasan hati aja sih,” ungkapnya saat ditemui dalam acara bertema Ibu dan Anak di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan (21/2).

Caca pun mengaku sempat mengalami kesulitan dalam produksi Air Susu Ibu (ASI) selama 2 bulan lebih. Dia mengaku dalam sehari hanya mampu memproduksi ASI sebanyak 20 ml.

“Awal-awal ngasih ASI tuh dikit banget cuman 20 ml kebayang nggak stressnya? Sebenernya, kata dokter anak yang usia 20-40 hari ususnya juga masih sekecil kelereng. Tapi banyak ibu nggak tau informasi itu dan jadi panik, dianggap anak nggak akan kenyang sampai akhirnya disuruh pakai susu formula aja,” ceritanya panjang lebar.

Tetapi, Caca menegaskan tidak ingin memberikan susu formula kepada bayinya. Dengan dukungan sang suami, dia memilih mengonsumsi makanan yang dipercaya meningkatkan kuantitas ASI.

“Tadi juga udah disebut kan sama dokter, ternyata dukungan dari suami, dari keluarga, itu penting banget. Dan anak bakal happy, bakal sehat kalau ibunya juga seneng. Dan alhamdulillah desta tau banget cara nyenengin aku,” ungkapnya.

Salah satu, makanan yang dikonsumsi adalah masakan dengan bahan dasar daun katuk dan memperbanyak minum air putih. Serta, berusaha untuk tidak stres.

“Ya aku nggak terlalu ngandelin daun katuk, tapi katanya bagus, ya coba aja, yang penting jangan sampai stress deh. Alhamdulillah di bulan ke-3 ASI ku terus nambah jadi 60-80 ml. Seneng banget,” tandasnya.

Lebih lanjut, Caca mengungkapkan bahwa bayi sehat bukanlah bayi yang gemuk, seperti anggapan banyak orang. Tetapi, yang terbaik bagi bayi adalah mendapatkan ASI eksklusif.

“Orang-orang tuh banyak berpikiran, bahkan Ibu dan mertua aku sempat bilang ‘kurus anakmu, udah pake susu formula aja kasihan asinya dikit’, tapi saya tetap milih perjuangin ASI, lebih sehat,” tandasnya.


(yln/JPC)