SDI Sabilillah Tanamkan Nilai Pendidikan melalui Dongeng

Berbagai nilai pendidikan karakter ditanamkan pada ratusan siswa SDI (SD Islam) Sabilillah Malang dalam kegiatan MOKS (masa orientasi karakter siswa) yang berlangsung sejak Selasa (2/1) hingga Jumat (5/1).  Nilai-nilai itu di antaranya, kejujuran, suka membantu orang tua, disiplin, rajin, dan suka menyapa orang lain.

MALANG KOTA – Berbagai nilai pendidikan karakter ditanamkan pada ratusan siswa SDI (SD Islam) Sabilillah Malang dalam kegiatan MOKS (masa orientasi karakter siswa) yang berlangsung sejak Selasa (2/1) hingga Jumat (5/1).  Nilai-nilai itu di antaranya, kejujuran, suka membantu orang tua, disiplin, rajin, dan suka menyapa orang lain.

Dalam kegiatan ini, siswa-siswi juga diberi materi mendongeng. Di mana, dalam materi ini diselipkan bagaimana cara menyapa seseorang. ”Kami ingin melatih anak-anak berinteraksi dengan orang lain secara santun,” kata Muhammad Hakim, pemateri dongeng kemarin (3/1).

Menurut dia, media dongeng bisa memudahkan anak-anak dalam memahami nilai-nilai pendidikan karakter. Karena hal tersebut bisa dilakukan simulasi. ”Anak-anak bisa lebih mudah memahami apa yang disampaikan lewat dongeng ini,” ucapnya.

Sementara itu, Humas SDI Sabilillah Malang Masykur menyatakan, jumlah siswa yang mengikuti kegiatan MOKS mencapai 780 siswa. Jumlah ini dari siswa kelas I–VI SD. ”Tapi, kami kelompokkan sesuai kegiatan yang diikuti,” ungkapnya.

Pewarta : Imam Nasrodin
Penyunting : Kholid Amrullah
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : SDI Sabilillah for Radar Malang