SBY Sebut Khofifah Sudah Kirim Surat Resign Jadi Mensos ke Jokowi

Namun, diketahui sampai menjelang pendaftaran ke KPU Jatim, Khofifah masih menyandang jabatan sebagai menteri sosial (Mensos). Sedangkan pasangannya, Emil Dardak masih menjadi Bupati Trenggalek, Jawa Timur.

Terkait hal itu, SBY mengungkapkan, Khofifah sudah mengajukan surat ke Presiden Joko Widodo perihal pengunduran dirinya dari posisi menteri sosial. 

Mensos Khofifah saat menerima surat mendat dukungan dari Ketua Umum Demokrat, SBY.
(istimewa/RADAR MALANG ONLINE)

“Saya dengar beliau (Khofifah, red) sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Presiden Jokowi,” kata SBY di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/1).

Namun, Khofifah tak terlihat pada pengumuman nama-nama pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur dari PD itu. Sebab, tokoh Muslimat Nahdatul Ulama (NU) itu sedang ada kegiatan di Banyuwangi, Jawa Timur.



Dalam kunjungannya di Jatim, Khofifah diketahui mendatangi beberapa lokasi, antara lain ke Kecamatan Wongsorejo, di kediaman Gus Mardi, acara Silaturrahim Kebangsaan di Pondok Pesantren Mansya’ul Huda, Tegaldlimo, Silaturrahim di Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung dan Silaturrahim dengan relawan KPK di Kalibaru.

Sementara Cawagub Emil Elistianto Dardak mengunjungi kota Banyuwangi. Pantai Marina Boom dan pertemuan dengan relawan Emil Dardak, di restoran Bajak Laut. 

Sebelumnya, keduanya bertemu dan sarapan pagi di rumah pribadi Ketua Asosiasi Kepada Desa Banyuwangi (Askab), Agus Tarmudzi. Tampak pula dalam kegiatan tersebut, KH Solahudin Wahid yang mengawal keduanya. 

Khofifah mengaku, kedatangannya di Banyuwangi bersama dengan Emil Dardak ini untuk menyapa masyarakat Banyuwangi. 

“Kita serahkan saja kepada masyarakat menilai. Karena wajah saya kadang berubah-ubah. Kadang saya Mensos kadang pula sebagai Cagub. Yang jelas kita ingin menyapa masyarakat Banyuwangi,” ujar Khofifah kepada usai digelarnya Silaturrahim Kebangsaan di Pondok Pesantren Mansya’ul Huda, Minggu (7/1). 

Sementara itu, Emil Elistianto Dardak dalam kunjungan kedua di Banyuwangi berharap bisa merangkul seluruh elemen di Banyuwangi. Mulai dari muslimat, generasi muda hingga komunitas. 

“Landasan kami maju dalam Pilgub adalah men-sejahterakan masyarakat Jatim. Kami menyapa dan ingin mendekatkan diri dan merangkul masyarakat Banyuwangi,” ujarnya.


(jpg/sat/JPC)