SBMPTN 2019, UM dan UB Masih Jadi Rebutan

KOTA MALANG – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah dimulai sejak Senin (10/06). Dari pantauan radarmalang.id, calon mahasiswa dari Kota Malang masih memfavoritkan Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai kampus tujuan.

Dari data yang dihimpun dengan survei kecil, 8 dari 10 calon mahasiswa lebih memilih UB dan UM dibandingkan dengan universitas lain. Alasan yang paling utama bagi calon mahasiswa Kota Malang sendiri adalah jarak dan nama kampus yang cukup ternama

“Oleh sebab itu pasti banyak calon mahasiswa yang berjuang mati matian demi masuk universitas tujuan. Jadi memang membutuhkan persiapan matang dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),” papar Silvia Mardina salah satu calon mahasiswa asal Kota Malang.

Humas UB Kotok Gurito SE mengungkapkan UB memiliki daya tampung sebesar 5.615 calon mahasiswa di 75 program studi. “Untuk sains teknologi (Saintek) sebesar 3.627. Sedangkan untuk Sosial Humanoria (soshum) memiliki kuota sebesar 1.988,” jelasnya Kotok sapaan akrabnya.

Diwawancarai secara berbeda, Wakil Rektor 1 UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Pd M.Si memaparkan bahwa UM sendiri menyiapkan kuota sebanyak 3.436 calon mahasiswa diantaranya 1.142 kategori saintek dan 2.294 kategori soshum.



Pewarta : Choirul Anwar
Foto: dok JPRM
Penyunting: Fia