Sayembara Desain Penataan Monas, Hadiahnya Capai Rp 150 Juta

JawaPos.com – Kawasan Monas akan dilakukan revitalisasi pada 2019. Kali ini dalam melakukan revitalisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta melibatkan masyarakat, dengan menggelar sayembara. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro menuturkan, sayembara kali ini untuk desain penataan Monas. Sayembara terbagi dua yakni tapak kawasan Medan Merdeka dan interior Tugu Nasional.

“Ini untuk mengakomodasi para kreator. Saya yakin orang-orang di luar lebih keren dengan konsep digitalisasi yang lebih bagus,” kata Asiantoro di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (13/12).

Monas akan direvitalisasi tahun depan (Salman Toyibi/JawaPos.com)


Ia sengaja melibatkan publik dalam melakukan penataan kawasan Monas. Karena Monas menjadi salah satu ikon Jakarta yang penuh dengan sejarah.

Pendaftaran sayembara dan pengumpulan berkas mulai dibuka selama 6 hari yakni pada 11-16 Desember. Nantinya peserta yang lolos administrasi akan diumumkan pada 17 Desember.

Selanjutnya, pada 20 Desember, pihaknya akan memberikan penjelasan dan survei mengenai konsep penataan yang diinginkan. Peserta diminta mengirimkan desain paling lambat 21 Januari 2019.

Panitia akan memilih dan mengavaluasi desain yang masuk, selama tiga hari yakni 22-24 Januari 2019. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 30 Januari 2019.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang hingga jutaan rupiah. “Juara satu hadiahnya Rp 150 juta, juara dua Rp 75 juta, dan juara tiga Rp 40 juta. Desain yang akan dipilih yang juara satu,” ujarnya.

Adapun peserta sayembara harus memenuhi beberapa syarat. Seperti berstatus warga negara Indonesia (WNI), satu kelompok terdiri maksimal tujuh orang. Salah satu anggotanya wajib memiliki kompetensi atau keahlian dalam bidang arsitektur, arsitektur lansekap, atau arkeologi dan memiliki sertifikat keterampilan madya atau utama yang masih berlaku.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan revitalisasi Monas pada 2019. Biaya untuk revitalisasi dianggarkan Rp 150 miliar di APBD 2019. Revitalisasi mencakup tugu, diorama, hingga kawasan Monas secara keseluruhan.

(wiw/JPC)