Sasar Pemilih Pemula, KPU Sisir 20 Sekolah

MALANG KOTA – Jelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang makin gencar menggelar sosialisasi. Salah satunya dengan program keliling sekolah dengan tujuan menyasar pemilih pemula. Targetnya, pemilih milenial tersebut mau menyalurkan hak politiknya saat coblosan nanti.

Seperti sosialisasi yang digelar di SMAN Tugu Kota Malang kemarin (26/2). ”Kami ingin siswa juga melek politik. Terutama bagi pemilih pemula,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kota Malang Ashari Husen, kemarin.

Menurut dia, pihaknya menargetkan 20 sekolah dalam sosialisasi pemilu ke sekolah tersebut. Rinciannya, sebanyak 10 sekolah negeri dan 10 lainnya swasta. ”Total ada 20-an sekolah, baik negeri maupun swasta,” ucap alumnus IKIP Budi Utomo Malang ini.

Nantinya, tiap sekolah ditargetkan ada sekitar 300 siswa yang mengikuti sosialisasi. Praktis, jumlah total peserta dalam kegiatan tersebut mencapai 6.000 siswa. Dia menambahkan, anggaran kegiatan ini lebih dari Rp 100 juta. Angarannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). ”Kalau anggaran pastinya lupa, tapi lebih dari itu (Rp 100 juta),” ungkap mantan ketua Panwaslu Kota Malang ini.

Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani