Saoirse Ronan Cetak Sejarah Oscar di Usia 25 Tahun

RADARMALANGIND – Academy Awards atau Oscar2020 resmi mengumumkan daftar penerima nominasi kemarin (13/1). Diantara nama-nama tersebut, ada Soirse Ronan, artis yang mencetak sejarah baru dalam ajang penghargaan film kelas A tersebut.

Ronan dinominasikan untuk keempat kalinya dalam usianya yang masih 25 tahun. Menjadikannya sebagai artis termuda kedua yang mendapat tite tersebut. Ronan berada dibawah Jennifer Lawrence yang juga meraih gelar serupa di tahun 2015.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, artis berdarah Irlandia-Amerika itu kali ini masuk kategori ‘Best Actress’ untuk perannya di film ‘Little Women’. Bersaing dengan Charlize Theron (Bombshell), Renée Zellweger (Judy), Scarlett Johansson (Marriage Story), dan Cynthia Erivo (Harriet).

Sebelumnya Ronan juga pernah dinominasikan untuk kategori yang sama untuk perannya dalam ‘Brooklyn’ di tahun 2016 dan ‘Lady Bird’ pada 2018. DI usianya yang masih 14 tahun, gadis asal New York itu juga pernah masuk nominasi ‘Best Supporting Actress’ saat di film Atonement.

Selain Oscar, tahun ini Ronan juga masuk nominasi artis terbaik dalam ajang penghargaan film bergengsi lain seperti ‘The Golden Globe’. Perannya sebagai Josephine dalam Little Women memang patut diapresiasi.

Meski ‘Little Women’ sukses memboyong 6 nominasi untuk Oscar tahun ini, diantaranya ‘Best Picture’, ‘Best Supporting Actress’, dan ‘Best Adapted Screenplay’, apresiasi dari akademi justru tak diberikan pada sutradara Greta Gerwig.

Greta diduga terdepak dari daftar ‘Best Director’ karena ia adalah wanita, sedangkan seluruh penerima nominasi adalah sutradara pria. “Saya merasa jika dia (Greta) pada dasarnya telah dinominasikan untuk sutradara terbaik,” ungkap Ronan kepada Deadline.

“Bagi saya, Greta telah membuat film yang sempurna sejak awal. Saya berharap ketika dia membuat film lagi, dia akan dikenali untuk semuanya,” lanjutnya.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia