Sanusi Janji Kawal Kesejahteraan Veteran

KEPANJEN — Masih dalam suasana Agustusan, kesejahteraan para pejuang kemerdekaan Indonesia juga menjadi perhatian Pemkab Malang. Plt Bupati Malang H.M. Sanusi menyadari, selama ini para veteran di Kabupaten Malang masih belum merdeka secara ekonomi. Di bawah bendera Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Malang, Sanusi berkomitmen pemerintah akan lebih memperhatikan kesejahteraan para pejuang dan keluarganya.

”Tidak bisa dipungkiri bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah buah dari pengorbanan harta maupun nyawa dari mereka dalam melawan penjajah. Karena itu, sudah sepantasnya kalau sekarang pemerintah juga harus berterima kasih,” kata Sanusi. Di hadapan para veteran, Sanusi berjanji tahun depan program bedah rumah yang sudah diprogramkan Pemkab Malang juga akan menyentuh kalangan pejuang.

”Kami akan carikan  tanah untuk LVRI supaya bisa dibangunkan rumah sederhana, di samping kegiatan bedah rumah juga akan menyasar para veteran agar mereka bisa hidup layak,” bebernya. Sanusi menjelaskan, pembangunan kompleks veteran tersebut nantinya akan ditempatkan pada tanah-tanah bengkok eks kelurahan yang kini tidak lagi terpakai. Lokasinya pun strategis karena kebanyakan berada di kawasan-kawasan yang mudah dijangkau seperti Kepanjen atau Singosari.

Termasuk juga terkait dengan pembangunan gedung LVRI. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu akan mengupayakan agar LVRI Kabupaten Malang segera memiliki gedung sekretariat yang layak. ”Yang paling penting, kami juga mohon doa kepada para veteran supaya bisa mengawal masyarakat kabupaten dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul demi Indonesia yang maju,” tukas Sanusi.

Pewarta : Adv, Farik Fajarwati
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad yani