Sang Nomor Satu Dunia Terhindar dari Mimpi Buruk

JawaPos.com–Babak ketiga Australia Terbuka 2020 menjadi mimpi buruk bagi banyak pemain unggulan. Juara bertahan Naomi Osaka, pemilik 23 gelar grand slam Serena Williams, hingga unggulan kedua Karolina Pliskova sudah menjadi korban.

Bahkan, sampai saat ini, sudah enam dari sepuluh unggulan teratas tunggal putri yang angkat koper dari Melbourne Park.

Beruntung, hal itu tidak menular kepada para unggulan yang bermain kemarin. Pemain tunggal putra nomor satu dunia Rafael Nadal berhasil melewati babak ketiga yang menyeramkan. Hal serupa dialami unggulan keempat tunggal putri Simona Halep.

Nadal kemarin mengalahkan rekan senegaranya, Pablo Carreno Busta, relatif mudah 6-1, 6-2, 6-4. Dia tampil fresh meski malamnya begadang untuk menyaksikan pertandingan Roger Federer kontra John Millman. Di laga itu, Federer menang dalam lima set 4-6, 7-6 (2), 6-4, 4-6, 7-6 (8). Durasinya mencapai 4 jam 3 menit.

’’Aku menonton sampai jam satu pagi. Tidak mungkin kamu ngantuk jika menyaksikan pertandingan seperti itu,’’ jelas petenis 33 tahun tersebut.

Soal penampilannya yang prima, dia menyebut istirahat efektif adalah kuncinya. ’’Aku merasa terus berkembang setiap hari. Servisku berjalan baik. Forehand-ku juga demikian. Ini membuatku sangat bahagia,’’ ucap Nadal.

Pada babak 16 besar, pemilik 19 titel grand slam itu akan bersua jagoan tuan rumah Nick Kyrgios. Petenis nyentrik itu kemarin susah payah mendapat tiket ke babak tersebut. Kyrgios dipaksa bermain lima set oleh petenis Rusia Karen Khachanov. Kyrgios menang 6-2, 7-6 (5), 6-7 (6), 6-7 (7), 7-6 (8) dalam duel supersengit bertempo 4 jam 26 menit.

’’Ini kemenangan yang luar biasa. Entah apa yang terjadi di lapangan tadi (kemarin, Red), tapi kakiku masing-masing sekarang seperti seberat 40 kilo,’’ ucap pemain 24 tahun itu dilansir AFP.

Duel Nadal melawan Kyrgios diprediksi bakal seru. Keduanya sudah sempat bentrok tujuh kali. Rekornya 4-3 untuk Nadal. Kali terakhir keduanya bersua di babak 64 besar Wimbledon 2019. Saat itu Nadal yang menang.

Sementara itu, Halep menang atas petenis Kazakhstan Yulia Putintseva. Skornya mencolok 6-1, 6-4. Durasinya juga cukup singkat, yakni 1 jam 18 menit. Bagi Halep, raihan itu meneruskan capaian apiknya di Melbourne Park dalam dua tahun terakhir. Dia selalu menembus pekan kedua sejak 2018.

Saat ditanya tentang banyak unggulan yang sudah tumbang, Halep menjawab dengan tenang.

’’Inilah hidup. Kami para pemain tidak bisa terus tampil 100 persen setiap hari,’’ ucap petenis asal Rumania tersebut.