SandDisk Pasarkan MicroSD Jumbo 1 TB, Harganya Rp 6,5 Jutaan

JawaPos.com – SanDisk Februari lalu mengenalkan kartu memori MicroSD berukuran jumbo perdananya yang berukuran 1 TB. Kini, MicroSD SanDisk Extreme yang dikenalkan di Mobile World Congress (MWC) Barcelona, Spanyol, itu sudah tersedia di pasaran.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Jumat (17/5), kartu MicroSD 1 TB SanDisk sekarang sudah tersedia. Kamu yang ingin mengekspansi ruang simpan dengan kartu seukuran kuku anak-anak itu kini dapat menemukannya di situs SanDisk, Amazon, dan B&H. Perangkat tersebut dapat dimiliki dengan harga sekitar USD 450 atau setara dengan Rp 6,5 jutaan.

Sebagai perbandingan, MicroSD 512 GB PNY, salah satu yang pertama juga dengan ukuran segitu, meluncur seharga USD 350 atau berkisar Rp 5 jutaan pada pertengahan 2018 lalu. Jadi, harga kartu monster 1 TB dari SanDisk tampaknya cukup murah untuk mendapatkan kelas penyimpanan dengan luas lebih, yakni 1 TB. Kartu memori 1 TB SanDisk juga diprediksi bakal turun harganya dalam beberapa bulan mendatang.


Kartu SanDisk Extreme 1 TB memiliki peringkat UHS-I U3 dan V30, yang berarti dapat menangani perekaman video 4K dan kecepatan transfer hingga 90 MB/s untuk pembacaan berurutan dan 60 MB/s untuk penulisan. Untuk digunakan dalam aplikasi, kartu ini memiliki peringkat A2 (dijamin 4.000 IOPS membaca acak dan 2.000 IOPS menulis).

Jika kamu membutuhkan kecepatan lebih, situs SanDisk Jerman mencantumkan juga varian lain kartu MicroSD Extreme Pro 1 TB yang mencapai kecepatan baca hingga 170 MB/s dan 90 MB/s menulis secara berurutan. Ini juga memiliki peringkat U3, V30, dan A2. Namun, yang ini belum tersedia.

Kedua kartu tersebut diklaim tanggug. SanDisk mengklaim kartu memori berukuran gambotnya itu tahan lama dengan suhu, air, guncangan, dan paparan sinar-x.

Bicara penyimpanan eksternal, saat ini diketahui sudah banyak varian smartphone yang mendukung kapabilitas ekspansi ruang simpan hingga sedemikian besar. Angka kapasitas memori eksternal saat ini lumrah berada pada 512 GB. Pun dengan kapasitas hingga 1 TB, Samsung sudah membawanya pada perangkat Galaxy S10 Plus-nya.

Bukan tidak mungkin ke depannya akan banyak lagi vendor smartphone yang memilih kapasitas serupa untuk perangkat smartphone. Jadi varian MicroSD 1 TB pun diharapkan akan semakin banyak di pasaran kelak.