Samsung Luncurkan Memori LPDDR5, Janjikan Peningkatan Performa

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Micron mengumumkan bakal menghadirkan chip DRAM DDR5 berdaya rendah pertama yang diproduksi secara massal. Seri Xiaomi Mi 10 akan mendapat kehormatan meluncurkan chip ini untuk pertama kalinya.

Selanjutnya, Xiaomi mengonfirmasi bahwa flagship yang selanjutnya tidak hanya menggunakan memori LPDDR5 Micron tetapi juga memori LPDDR5 Samsung. Kini, Samsung secara resmi mengumumkan memori LPDDR5-nya dan chip memori tersebut juga hadir di seluruh model Galaxy S20 Series.

Jika dibandingkan dengan memori LPDDR4X, Samsung menjanjikan peningkatan performa pada chip memori LPDDR5. Rincian peningkatan tersebut adalah bandwidth meningkat 29 persen, namun konsumsi daya lebih hemat dengan berkurang 14 persen.

Samsung mengatakan dalam acara Galaxy Unpacked yakni peluncuran Galaxy S20 Series dan Z Flip, bahwa Samsung LPDDR5 dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman dengan kecepatan lebih cepat. Dibandingkan dengan LPDDR4x, bandwidth LPDDR5 meningkat 29 persen pada kecepatan operasi yang sama.

Pada awal Juli tahun lalu, Samsung mengumumkan produksi massal DRAM 12 GB LPDDR5 pertama di dunia, yang telah dioptimalkan untuk fungsi 5G dan AI pada ponsel cerdas masa depan. Kemudian, saat itu juga Samsung memulai produksi massal paket LPDDR5 12 GB dan kini akhirnya resmi diluncurkan.

Langkah Samsung dengan chip memori anyarnya adalah bentuk persiapan perangkat masa depan. Ke depan, smartphone kelas atas untuk kinerja dan kapasitas penyimpanan lebih tinggi akan menuntut aspek performa chip memori.