Samsung Galaxy A8+, Memori Jumbo Antilelet

SPESIFIKASI SAMSUNG A8+

LAYAR
– Super AMOLED
– Resolusi 2220 x 1080 piksel (FHD+)
– 16 juta warna
PROSESOR
– Octa-Core 2.2 GHz, 1.6 GHz
KAMERA
– Belakang: 16 MP, F1.7, Autofokus, flash
– Depan: 16 MP + 8 MP, F1.9 & F1.9,
– Rekaman Video: 1920 x 1080 piksel (FHD) @30 fps
MEMORI
– RAM 6 GB
– Internal 65 GB
– Eksternal hingga 256 GB
BATERAI
– Non-removable
– 3.500 mAh
– Pemakaian internet (4G) hingga 14 jam
– Waktu bicara hingga 23 jam
DUKUNGAN PERANGKAT LAIN
– Gear Circle, Gear Fit, Gear Sport, Gear VR with Controller, dll.

Brand asal Korea Selatan memulai langkah mereka 2018 ini dengan merilis Samsung Galaxy A8 dan A8+. Pada edisi kali ini, Gadgetlogi akan mengulas seri A8+. Apa saja kelebihannya?

Sepintas, Samsung Galaxy A8+ memiliki tampilan yang mirip dengan Samsung Galaxy S8. Apalagi, dimensi fisik kedua seri Samsung itu tak terpaut jauh. Jika Samsung Galaxy S8 memiliki dimensi fisik 148.9×68.1×8.00 milimeter, Samsung Galaxy A8+ sedikit lebih besar dengan dimensi 159.9×75.7×8.3 milimeter.

Lalu, bagaimana dengan spesifikasinya? Salah satu kelebihan dari seri Samsung Galaxy A8+ adalah kapasitas memorinya. Samsung Galaxy A8+ memiliki RAM 6 GB (gigabyte) dan memori internal 64 GB. Sementara memori eksternal bisa menampung kartu dengan kapasitas hingga 256 GB.

Dengan memori ”jumbo”, pengguna Samsung Galaxy A8 bisa memainkan game-game ”berat” seperti Asphalt 8. Aktivitas multitasking pun bisa dijalankan dengan baik oleh seri ini.

Sama seperti seri S8, Samsung Galaxy A8+ juga memiliki kamera yang bisa diandalkan. Di antaranya, kamera depan yang mengadopsi teknologi dual-camera dengan resolusi 16 MP (megapiksel) dan 8 MP.

Nah, kamera depan Samsung Galaxy A8+ ini sudah mendukung teknologi live focus. Dengan mengaktifkan mode live focus, dua kamera depan Samsung Galaxy A8+ bisa mengambil gambar dalam waktu bersamaan.

Satu kamera mengambil gambar close up lewat lensa telephoto yang digunakan, sementara satu lainnya mengambil gambar dengan sudut lebih lebar untuk latar belakangnya. Dengan adanya dua gambar itu, pengguna bisa mengatur setting untuk efek bokeh (tajam pada area fokus, dan blur pada bagian yang tidak terfokus).

”Biasanya, di banyak smartphone lain, bokeh hanya bisa diatur sebelum memotret. Tapi di Samsung A8+ ini, bokeh bisa diatur sebelum dan sesudah pengambilan gambar,” kata promoter Samsung Nur Rachmadani Putri saat ditemui di gerai Sentral Handphone, Jalan Ranugrati, Jumat (26/1).

Putri menyatakan, kamera Samsung Galaxy A8+ juga sudah mendukung fitur bixby vision. ”Salah satu penggunaannya adalah untuk menerjemahkan bahasa. Misalkan pengguna menemukan teks berbahasa asing, cukup dengan memotretnya, maka bisa diperoleh terjemahannya,” jelas Putri.

Lebih lanjut dia menyatakan, sama seperti seri Samsung sebelumnya, Galaxy A8+ juga dilengkapi My Samsung. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyampaikan keluhannya terkait kinerja gadget Samsung. Keluhan, bahkan kerusakan yang dilaporkan bisa langsung ditanggapi dalam waktu 24 jam.

Sementara bagi mereka yang doyan berbelanja, Samsung menyediakan fitur Samsung Gift Indonesia. Juga pengguna yang haus informasi dapat membuka fitur S’Lime.

Pewarta: Binti Nikmatur
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok