Samsung akan Ungkap Sensor Kamera 108 MP

JawaPos.com – Teknologi fotografi smartphone bakal semakin canggih. Saat ini sensor yang tersemat dalam kamera smartphone pun sudah besar-besar dan sanggup menghasilkan gambar yang mumpuni ala kamera canggih konvensional.

Yang terbaru, dikutip JawaPos.com dari GSMArena, Sabtu (10/8), Samsung bakal mengungkapkan sensor kamera yang lebih besar dari yang ada saat ini. Samsung pada Senin (12/8) lusa dijadwalkan bakal mengungkapkan sensor kamera 108 MP.

Bulan lalu, sensor kamera 108 MP dari Samsung ini dikabarkan akan digunakan pada smartphone 2020 mendatang. Namun, timeline itu tampaknya telah direvisi. Pasalnya, beberapa hari lalu seorang leaker terkenal membagikan slide dari presentasi internal yang memberi tahu bahwa Xiaomi akan menggunakan sensor Samsung ISOCELL ini pada smartphone-nya terlebih dahulu. Perangkat yang dimaksud adalah Mi Mix 4 yang akan datang.

Jika kabar tersebut benar, maka Xiaomi bisa menjadi ponsel pertama dengan sensor 108 MP yang akan tiba tahun ini, setidaknya di Tiongkok. Memang belum jelas ukuran sensor apa yang akan diadopsinya, tetapi Samsung akan kabarnya segera mengungkap semua detailnya.



Perang megapiksel klasik tahun-tahun lalu mungkin sudah berakhir. Namun perlombaan baru kini terulang kembali dantampaknya untuk menciptakan susunan quad-bayer terbesar. Kamera 108 MP kemungkinan akan memotret secara normal pada resolusi 27 MP menggunakan pixel binning.

Namun sejauh ini tidak jelas apakah pengguna benar-benar dapat mengambil foto 108 MP (dengan resolusi 12.032 x 9.024 piksel), mungkin melalui mode Pro aplikasi kamera. Sejauh ini, sensor Quad Bayer telah dirancang untuk memotret 1/4 dari resolusi asli mereka, ‘mengubah’ 4 piksel menjadi satu untuk detail tambahan.