Sambut Lebaran, Ada 11.881 Tiket Gartis se-Jatim

Suasana di Stasiun Kotabaru Malnag

KOTA MALANG – Kabar gembira bagi warga Malang yang hendak mudik jelang lebaran. Pasalnya, Malang turut mendapat jatah tiket mudik gratis KA Lebaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) Surabaya, Suprapto mengatakan, Pemprov Jatim bersama PT KAI kembali bersinergi untuk menyelenggarakan program mudik dan balik gratis dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 (1440 H) mendatang.

Ada 174 perjalanan kereta api yang telah disiapkan. Dengan tujuan dari Surabaya ke Blitar, Malang, Bangil, Jombang, Mojokerto, Peterongan, Kediri, Tulungagung, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

“Ini untuk membantu kelancaran mobilitas masyarakat saat mudik lebaran nanti,” ujar dia kepada radarmalang.id.

Dari 174 perjalan KA itu, kata Suprapto, terdiri dari 97 perjalanan arus mudik dan 77 perjalanan KA arus balik dengan fasilitas KA Ekonomi AC. Tak tanggung-tanggung, akan ada sekitar 11.881 tiket yang disiapkan setiap harinya.



“Kita harapkan semoga ini bisa mengurangi kemacetan akibat tingginya frekuensi lalu lintas selama masa angkutan lebaran,” tandas Suprapto.

Tiket bisa dipesan H-60 sebelum keberangkatan mudik dan arus balik khusus untuk KA Probowangi dan Tawangalun. Sedangkan untuk perjalanan dengan KA KRD Kertosono, KA Tumapel, KRD Bojonegoro, KA Penataran, dan KA Dhoho hanya bisa dipesan H-7 keberangkatan.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : PT KAI