Sambut Agustusan, Warga Patungan Benahi Jalan

JABUNG Warga Desa Gunungjati, Kecamatan Jabung, punya cara tersendiri untuk menyampaikan kritik tentang kondisi jalan di sana. Menyambut Hari Kemerdekaan RI, secara sukarela sejumlah warga melakukan penambalan jalan.

Panjang jalan yang ditambal warga yaitu sekitar 3 kilometer. ”Karena sudah hampir Agustusan, kami bergotong royong untuk membenahi jalan ini,” tutur Arifin, salah satu warga di sana.

Dia menjelaskan bila tahap penambalan jalan sudah dilaksanakan sejak sepekan lalu. Arifin juga menjelaskan bila seluruh dana untuk penambalan jalan berasal dari hasil swadaya masyarakat.

”Tidak ada patokan khusus dalam swadaya ini, kami meminta doortodoor ke setiap rumah untuk menyumbang seadanya,” imbuhnya. Pria berusia 40 tahun itu mengatakan bila antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi cukup tinggi.

Bila diestimasi, tiap kepala keluarga (KK) menyumbangkan dana tak kurang dari Rp 100 ribu. ”Beberapa warga yang lebih mapan justru ada yang nyumbang sampai Rp 1 juta–Rp 5 juta,” kata dia. Sebelum berencana menambal jalan di sana, dia menuturkan bila beberapa remaja desa sempat meminta secara lisan kepada kepala Desa Gunungjati.



”Namun, Pak Lurah mengatakan kalau untuk renovasi jalan berlubang itu adalah kewenangan Pemkab Malang. Akhirnya daripada kami menunggu lama, sedangkan Agustusan sudah sebentar lagi, maka kami berinisiatif untuk membangun sendiri secara swadaya,” tutupnya.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya