Sambut 10 Muharram, BMH Bagikan Santunan Yatim dan Paket Sembako Untuk Lansia Duafa

Puluhan anak-anak yatim-piatu binaan BMH belanja berkah di Hero Supermarket Taman Pinang Sidoarjo, Selasa (10/9).

MALANG – Selain disunahkan untuk puasa asyura pada bulan Muharram, umat Islam juga dianjurkan untuk menambah rangkaian amal saleh atau ibadah sunah lain pada saat memasuki tahun baru hijriyah, diantaranya seperti yang telah dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jatim.

Para Lansia setelah menerima paket sembako di griya Tahfidz Putri Ibnu Sina Panggungrejo Kepanjen, Selasa (10/9).

Lembaga non profit tersebut telah menggandeng Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP3 Malang dan PT Hero Supermarket TBK Pusat Jakarta untuk berbagi kepada anak yatim, kaum duafa dan para janda yang hidupnya kekurangan, berupa paket sembako dan pemeriksaan kesehatan.

Manager Operasional BMH Jatim gerai Malang Sony Abdul Karim, S.PdI mengatakan, Muharram identik dengan lebaran anak yatim, Sehingga, siapapun yang menyantuni anak yatim pada hari asyura atau 10 Muharram, akan mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat.

“Menyantuni anak yatim dan mengusap rambutnya maka akan dibalas dengan berbagai kebaikan dari Allah SWT,” Kata Karim di Griya Tahfidz Quran Putri Ibnu Sina JL. Panggungrejo Kepanjen Malang, Selasa (10/9).

Pria yang akrab disapa dengan ustadz Karim lebih detail menjelaskan, BMH gerai Malang telah mendapatkan suport dari PT Hero Supermarket TBK dan YBM PLN UP3 Malang untuk berbagi kepada yatim duafa dan lansia yang hidupnya membutuhkan bantuan.



“Hari ini BMH serentak telah memberikan bantuan kepada yatim duafa serta lansia yang hidupnya memprihatinkan di seluruh kota dan kabupaten di Jatim. Di Malang kami pusatkan di Griya tahfidz Quran Putri Ibnu Sina Kepanjen dengan memberikan paket bingkisan dan pemeriksaan kesehatan yang didukung tim medis dari klinik Hidayatullah Dau,” imbuhnya.

Sebanyak 50 paket sembako yang berisi beras 5 kg, mie instan, gula, kopi, teh, susu senilai Rp 200 ribu telah dibagikan kepada para janda dan lansia duafa di sekitar Griya Tahfidz Putri Panggungrejo Kepanjen, selain mendapatkan paket sembako, para lansia juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek gula darah, kolesterol dan asam urat yang didukung tim medis dari klinik Hidayatullah Dau.

“Kami mengucapkan terimaksih kepada seluruh sponsor dan para donatur terutama YBM PLN UP3 Malang dan PT Hero Supermarket TBK, sehingga program Muharram bulan berbagi dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” jelasnya.

Pada pekan ini masih menurut Karim, pihaknya juga akan menyalurkan paket belanja berkah ceria bersama yatim duafa binaannya di Giant Group Hero Supermarket.

“Masih ada voucher belanja dari PT Hero Supermarket TBK, rencananya akan kami berikan kepada anak-anak yatim binaan kami, untuk belanja ceria di tenant Giant pada pekan ini,” bebernya.

Sementara itu, Hero Supermarket Taman Pinang Sidoarjo juga mendapatkan kunjungan anak-anak yatim binaan BMH gerai Sidoarjo untuk belanja di mall tersebut. Puluhan Anak yatim yang berasal dari pinggiran pelosok desa di Sidoarjo mendapatkan Voucher belanja senilai Rp 200 ribu yang diberikan Manajemen PT Hero Supermarket TBK Pusat Jakarta melalui BMH gerai Malang.

Manager Hero Supermarket Taman Pinang Sidoarjo Basuki Wibowo melalui Wakilnya Agung Budi Santoso mengungkapkan, seluruh anak-anak binaan BMH dipersilahkan belanja dengan memilih barang kebutuhan senilai voucher yang telah diberikan.

“Sebelum belanja anak-anak diajak keliling ke setiap tenant di dalam mall terlebih dahulu, supaya mereka bisa memilih dan mengetahui barang-barang yang akan dibeli,” Kata Agung.

PT Hero Supermarket TBK sengaja membagikan voucher belanja karena memang ada program penyaluran CSR, salah satunya adalah memberikan voucher belanja melalui BMH Jatim gerai Malang. Selain itu, Supermarket yang menyediakan kebutuhan rumah tangga terlengkap tersebut ke depan juga akan menggandeng BMH untuk membuat event sosial yang manfaatnya bisa di rasakan kepada masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitarnya.

Pewarta : Ruwiyanto
Fotografer : Ruwiyanto
Penyunting: Fia