Sambil Menyelam Minum Air, Mahasiswa UIN Malang Belajar Sembari Piknik Ke Bali

KOTA MALANG – Sebanyak 145 mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan study tour ke Bali.

Dalam study tour kali ini, mahasiswa diajak untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata seperti Museum Geopark Bali, dan Desa Adat Panglipuran.

Study tour teresebut berlangsung selama satu hari, yakni pada tanggal Kamis, 17 Oktober 2019 kemarin.

Ketua panitia study tour sekaligus dosen geologi Jurusan Pendidikan IPS, Ulfi Andrian Sari, M.Pd. mengatakan, study tour ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan Geologi dan Sejarah mahasiswa melalui wisata dan bersenang-senang.

“Kita ke Bali nggak hanya buat wisata. Tapi kita juga sambil belajar di tempat tujuan wisata,” tuturnya.

Buktinya, dalam kunjungan ke museum Geopark Bali, mahasiswa diberikan pengetahuan secara langsung bagaimana proses erupsi gunung api, struktur gunung api dan definisi umum gunung api.

Hal itu dilakukan untuk menambah wawasan geologi mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maliki Malang.

“Kami ajak mereka melihat diorama dan video di museum. Bahkan, mahasiswa juga bisa melihat gunung api Batur secara langsung. Kan museumnya dekat dengan gunung api tersebut,” tuturnya.

Selain belajar geologi melalui gunung api, Kata Ulfi, mahasiswa dalam study tour ini juga belajar sejarah budaya dan kultur yang ada di Indonesia di desa Adat Penglupuran.

Mereka diarahkan untuk mengobservasi tarian tradisional, kerajinan tradisional, alat musik tradisional, pakaian pengantin tradisional, arsitektur tradisional, hingga kuliner dan permainan tradisional. Mereka juga bercengkram dengan wisatawan dan penduduk adat di desa tersebut.

“Jadi mereka seperti bermain di sini dan bercengkrama dengan warga sekitar. Tapi secara gak langsung mereka belajar banyak juga tentang budaya dan kultur lokal. Jadi ini menambah wawasan dan literasi budaya mereka,” pungkasnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia