Sambangi 3 Lokasi, Sita 92 Ribu Rokok Ilegal

BULULAWANG – Penindakan terhadap peredaran rokok ilegal kembali dilakukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Malang. Selasa lalu (3/12), tiga kecamatan di Kabupaten Malang disambangi petugas.

Hasilnya, ada 92 ribu batang rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin (SKM) yang berhasil disita petugas. Penindakan diawali dari sebuah toko di Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi. Dari lokasi tersebut, petugas KPPBC Malang menyita 285 bungkus rokok ilegal berbagai merek.

Lokasi lainnya yang turut disasar yakni sebuah rumah warga di Desa Talangsuko, Kecamatan Turen. Di sana ada 3.910 bungkus rokok yang diamankan. Lokasi ketiga yang disambangi petugas ada di Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang.

”Kami hanya mendapatkan barangnya saja, yang mana barang tersebut ialah barang titipan, sementara pemilik toko dan rumah tidak kami tindak,” terang Kasi Penyidikan KPPBC Malang Andik Tasmiko.

Di tempat lain, Kepala KPPBC Tipe Madya Malang Rudy Hery Kurniawan menyebut bila tiga lokasi yang disasar petugas itu turut merugikan keuangan negara sebesar Rp 43 juta. ”Ini salah satu hasil penindakan kami yang (skalanya) besar,” kata dia.

Hingga kini pihaknya terus mendalami barang hasil sitaan dan asal mula datangnya barang tersebut. ”Masih terus kami kejar (pemasoknya) karena memang satu kawasan yang kami tindak ini terkenal dengan produksi rokok ilegalnya,” tutup Rudy.

Pewarta : Biyan Mudzaky
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya