Salat Ied di Balai Kota, Anies Ingatkan Warga Sejahterahkan Kaum Duafa

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat ied di pelataran balai kota Jakarta, Rabu (5/6). Terlihat dia didampingi istri Fery Farhati Ganis dan tiga putranya, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan serta Ismail Hakim Baswedan. Pukul 06.45 mereka nampak sudah hadir di area ibadah.

Anies datang mengenakan baju koko lengan panjang berwarna putih. Dilengkapi dengan peci hitam. Dia terlihat sumringah saat tiba di Balai Kota. Dia menyalami warganya satu per satu.

Setelah salat, Anies menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriah kepada seluruh umat islam yang merayakannya. Tak lupa ia menyampaikan permohonan maaf kepada warganya apabila memiliki kesalahan yang disengaja maupun tidak. “Minal aidzin walfaidzin, kami atas nama pemprov DKI mengucapkan permohonan maaf apabila ada kesalahan, kekhilafan selama ini,” kata Anies.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu merasa beryusukur jalannya bulan Ramadan di DKI berlangsung kondusif. Masyarakat yang tidak mudim bahkan merayakan malam takbir dengan gegap gempita. “Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan Ramadan sampai puncaknya tadi malam ada kegiatan takbiran berjalan dengan lancar. Tadi malam juga ramai diberbagai tempat,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama warga mengikuti malam takbiran di KS Tubun, Jakarta Barat. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)

Dalam kesempatan ini, Anies juga mengingatkan kepada warganya yang berkecukupan harta supaya berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Sebab di hari kemenangan seperti ini semuanya harus berbahagia termasuk rakyat miskin.

Selain itu, DKI Jakarta disebutnya sebagai pusat perokonomian bangsa. Maka setiap orang memiliki tanggungjawab sosial untuk mensejahterakan semua warga. Tidak boleh ada lagi kesenjangan antara miskin dan kaya, pekerja dan pengangguran, terdidik dan tidak. “Di akhir bukan ramdan ini di mana kita menunaikan zakat kita dan zakat ini sangat penting sekali meningkatkan kesejahteraan bagi mereka yang duafa dan itulah yang menjadi dasar kita mengambil tema itu,” tegasnya.

Setelah menjalankan ibadah salat ied, Anies dijadwalkan akan menghadiri open house Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta pukul 09.00 WIB. Selanjutnya dia juga akan menggelar open house di rumah dinasnya di Menteng Jakarta Pusat sekitar pukul 15.00-18.00 WIB.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan