Sah, 13 Eselon II Jalani Sertijab

KEPANJEN – Tiga bulan mengambang tanpa kepastian, 13 pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Malang akhirnya melakoni serah terima jabatan kemarin (23/8). Plt Bupati Malang H.M. Sanusi menyampaikan bahwa seluruh prosedur yang mereka lakukan sudah sesuai dengan perintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

”Tidak ada yang berubah, secara substansi tetap yang lama dan juga menggunakan surat keputusan (SK) yang lama. Hanya sekarang kami lakukan pengukuhan ulang dan langsung sertijab,” kata Sanusi.

Soal kegaduhan yang sempat terjadi sebelumnya, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memastikan bahwa apa yang dia lakukan saat ini sudah berada pada garis aturan yang benar. ”Kalau ditanya sah atau tidak yang berhak menjawab adalah pengadilan tata usaha negara (PTUN),” imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono  menambahkan bila pihaknya telah mengantongi surat dari KASN maupun Mendagri. ”Sekarang ada aturan yang baru, khusus untuk jabatan tinggi pratama, baik (bupati) definitif atau Plt, harus ada izin dari Mendagri dan rekomendasi dari KASN, jadi nggak apa-apa (melantik),” ujar dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah. ”(Surat) dari Kemendagri sudah turun tanggal 20 Agustus 2019, jadi proses saat ini istilahnya adalah mengukuhkan yang sudah dilantik,” kata dia.

Dalam surat Nomor 821/8170/SJ yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo itu, disebutkan bahwa secara prinsip Plt Bupati Malang disetujui untuk melakukan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya