Sabet Juara Green Hospital, Bikin Pasien Cepat Sehat

MALANG KOTA – Ada yang menarik di rooftop lantai 6 gedung Rumah Sakit Umum (RSU) Lavalette. Rooftop seluas 250 meter persegi yang dulunya direncanakan menjadi food court, kini malah dijadikan green house untuk menanam berbagai sayuran.

Green house ini menjadi salah satu hal yang membawa RSU Lavalette meraih juara 2 penghargaan Green Hospital Kategori RS BUMN dan RS Swasta tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Berbagai sayuran yang ditanam secara hidroponik di Green House RSU Lavalette antara lain seledri, brokoli, sawi, wortel, dan bawang. Kepala RSU Lavalette dr Titin Amrih Wilujeng MM menjelaskan bahwa hasil panen dari sayuran tersebut akan memenuhi kebutuhan makanan bagi pasien rawat inap. ”Sebelumnya ada pemasok dari luar, tetapi sekarang kita bisa memproduksi sayuran sendiri,” terang dr Titin–sapaan akrabnya.

Perempuan berhijab ini menjelaskan, selain Green House, yang menjadikan RSU Lavalette sebagai Green Hospital adalah adanya upaya dari seluruh karyawan dalam mengurangi sampah plastik. ”Kami tidak lagi menyediakan air minum kemasan sekali pakai, semua karyawan medis maupun nonmedis harus membawa tumbler (botol air minum) sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Dia menyampaikan, konsep ramah lingkungan ini dapat memengaruhi cepatnya pemulihan bagi pasien. Hal ini karena terdapat beberapa spot taman yang dihadirkan, salah satunya adalah taman yang ada di radioterapi. ”Pasien pasti akan cepat pulih ketika merasa senang, dan berada di tempat yang nyaman,” ungkapnya.

Selain itu, konsep green hospital juga diterapkan dengan adanya pembangkit listrik tenaga air limbah berupa kincir air yang akan mengaliri listrik di kawasan sekitar IPAL RSU Lavalette.

Pewarta : ar1
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Mardi Sampurno