Sabers Pungli #100, Walikota Batu dan Kapolres Batu Peringatkan Warga Masyarakat Untuk Tidak Membuang Sampah di Sungai – HUMAS

Batu,Humas – Sabers Pungli atau yang sering disebut sapu bersih nyemplung kali yang digagas oleh komunitas lingkungan di Kota Wisata Batu sudah sangat sering di gelar dan moment kali ini sudah ke#100 bertempat di area sungai perambatan dekat perkebunan bibit villa bata merah Desa Sidomulyo, Batu Jawa Timur, minggu (13/10/2019). Mulai pagi sudah tampak warga masyarakat sekitar juga ikut membantu membersihkan lingkungan area lokasi sungai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Kapolres Batu AKBP. Harviadi, Masyarakat pecinta lingkungan yang tergabung dalam sabers pungli serta dari aparatur pemerintah desa yang di bantu personel BPBD Kota Batu dan Unsur TNI. Dengan menyisiri aliran sungai perambatan Walikota Batu didampingi Kapolres Batu serta sabers pungli mengambil satu demi satu sampah yang ditemukan. Tingkat kesadaran warga untuk tidak membuang sampah masih rendah terbukti dalam penyisiran tersebut menemukan bantal,guling,seprei,dan aneka sampah plastik masih banyak dan ini membahayakan jika sudah musim penghujan bisa menyebabkan banjir. Walikota dan Kapolres Batu juga menegur salah satu warga dan memperingatkan agar tidak membuang sampah kesungai. Bahkan Kapolres Batu AKBP Harviadi yang baru ditugaskan di Batu mengungkapkan sebenarnya sungainya jernih dan ini sesuatu yang jarang ditemui jika di Jakarta dan kalau bersih bisa dijadikan objek wisata.

Usai terjun langsung membersihkan berkarung-karung sampah Walikota bersama Kapolres juga Perwakilan Kodim serta BPBD Kota Batu juga membahas kewaspadaan kebakaran lereng arjuno yang perlu segera ditangani karena asap mulai terasa di kota batu. (hms/pandermanews)

fotografer : Yudha Ari Nurhamid