Saatnya Unjuk Skill di Festival Egrang

KOTA BATU – Sekitar 1.200 pelajar SD dan SMP se-Kota Batu tak menyia-nyiakan kesempatan untuk unjuk gigi, sekaligus unjuk kaki, kemarin (14/8). Ya, di ajang Festival Egrang, mereka berusaha tampil habis-habisan. Tak hanya menyuguhkan kepiawaian dan skill naik egrang, totalitas peserta juga terlihat dari kostum yang dikenakan.

Mengambil start dari perempatan Kelenteng Kwan Im Tong di Jalan Gajah Mada, ribuan peserta menyusuri Jalan Panglima Sudirman dan berakhir di depan Balai Kota Among Tani. Umumnya, peserta tampil berkelompok sesuai dengan asal sekolahnya masing-masing.

Dalam hal kostum, ada banyak kreasi yang ditampilkan. Mulai dari tokoh pewayangan, pahlawan nasional, hingga kostum berbentuk buah-buahan. Sebagai variasi, beberapa peserta bahkan nekat memasang sound system berukuran kecil di egrangnya. Tidak hanya itu, mereka juga harus menampilkan kekompakan gerakan sambil menaiki egrang.

”Peserta yang mengikuti acara ini berasal dari 89 SD. Sedangkan tingkat SMP ada 31 sekolah. Masing-masing sekolah mengerahkan 10 anak sebagai peserta karnaval,” ujar Kasi Olahraga Rekreasi Bidang Pemuda dan Olahraga Disdik Batu Ahmad Khusni yang menjadi panitia acara tersebut.

Acara yang sudah memasuki tahun ke-2 ini diselenggarakan selain untuk memeriahkan bulan kemerdekaan Indonesia, juga untuk memopulerkan permainan tradisional. ”Anak-anak ini biar tahu serunya bermain egrang. Harapannya, mereka tidak hanya terpaku pada gadget, tapi banyak media permainan yang lebih asyik daripada itu,” ujarnya.



 

Pewarta: Octo Pratama
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Falahi Mubarok