Ryamizard: Kamboja Mitra Penting Indonesia Dalam Menjaga Stabilitas Kawasan ASEAN

Ryamizard: Kamboja Mitra Penting Indonesia Dalam Menjaga Stabilitas Kawasan ASEAN - JPNN.COM

jpnn.com, KAMBOJA – Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu memandang Kamboja sebagai mitra yang penting bagi Indonesia dalam membangun dan menjaga stabilitas keamanan di kawasan ASEAN.

“Modali persahabatan kedua negara ini juga merupakan bagian dari jaminan terciptanya rasa aman dan damai yang ada saat ini,” kata Menhan Ryamizard saat meresmikan relokasi Tugu Persahabatan Indonesia – Kamboja, di Kampong Thom, Kamboja, Sabtu (13/7).

Menurut dia, banyak negara di belahan dunia yang belum dapat merasakan indahnya perdamaian. Pertikaian, peperangan dan kekerasan masih digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan persoalan.

Suatu hal yang ironis dimana peradaban sudah semakin maju, namun justru masih saja ditemui adanya keterbelakangan dalam menghadirkan perdamaian.



BACA JUGA: Bersiaplah! Puluhan Tank dan Kendaraan Tempur Sudah Bergerak

“Kita semua bersyukur bahwa di kawasan Asia Tenggara ini khususnya, kita telah dapat menghadirkan rasa damai dan aman bagi kehidupan kemanusiaan dan tentunya kondisi ini akan terus kita pelihara dengan mengembangkan adanya prinsip saling menghormati dan saling menghargai,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Ia pun kembali menegaskan perdamaian dan stabilitas di Kamboja merupakan elemen yang sangat penting dalam membawa kemajuan dan pembangunan di Kamboja hingga mampu mencapai pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 7 persen dalam dua dekade terakhir, termasuk mendorong stabilitas di kawasan (ASEAN).