Rutin Minum Jus Sayur Kol Bisa Bikin Wajah Lebih Glowing

JawaPos.com – Saat ini sayuran seledri masih menjadi primadona di media sosial sebagai langkah alami agar lebih sehat. Tak hanya seledri, sayur kol juga bisa membuat tubuh sehat lho. Bahkan untuk kecantikan.

Polusi, aktivitas yang sibuk, pola makan yang buruk, memicu kulit terlihat begitu kusam. Mengonsumsi buah dan sayuran akan membuat tubuh lebih sehat karena banyak mengandung antioksida. Misalnya, sayur kol. Sayuran ini bisa menyehatkan pencernaan. Karena rendah kalori, kol juga dapat mendukung penurunan berat badan. Kol membantu menjaga tingkat tekanan darah dan kolesterol.

Kol biasanya dikonsumsi dengan cara membuat sup, tumisan, salad, atau sandwich. Tapi tahukah Anda kalau kol bisa dibuat jus?

Yup, jus kol dipercaya bisa memberi keajaiban bagi kesehatan kulit. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing House, kol mengandung vitamin C dan K serta antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan sulfurnya berguna dalam penyembuhan jerawat dan eksim.



Ahli Nutrisi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan, Shilpa Arora mengatakan kol adalah sumber sulfur dan silika yang baik, mineral kecantikan. Dia menambahkan sulfur hadir di setiap sel berfungsi memberi nutrisi dan menghilangkan limbah dari sel.

“Aktivitas detoksifikasi ini sangat penting untuk membersihkan kulit,” katanya seperti dilansir dari NDTV, Jumat (28/6).

Kol kaya berbagai antioksidan, yang sangat penting untuk melawan aktivitas radikal bebas. Radikal bebas ini cenderung menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel, sehingga kulit terlihat kusam, kering, dan menua.

Resep Membuat Jus Sayur Kol

1. Siapkan panci, rebus dua cangkir air terlebih dahulu.

2. Ambil sekitar tiga gelas kol, lalu haluskan cincang dalam blender. Kemudian tambahkan air mendidih di atasnya.

3. Campurkan air dan kol bersama-sama dengan kecepatan rendah.

4. Lalu percepat blender selama 10 detik.

5. Sajikan jusnya.

Minumlah jus ini secara teratur dan lihat efeknya dalam beberapa waktu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani