Rutin Minum Air Kelapa, Berat Badan Bisa Turun

JawaPos.com – Selain membuat tubuh lebih segar dan terhidrasi, air kelapa juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat, minum air kelapa muda sekali sehari bisa jadi solusi terbaik.

Dilansir dari Style Craze, Selasa (25/6), ahli gizi Charushila Biswas menyarankan agar masyarakat memilih air kelapa hijau untuk hasil terbaik. Hindari banyak mengonsumsi santan karena minuman berkalori tinggi tersebut justru membuat gemuk.

Satu gelas air kelapa setidaknya mengandung 3 gram serat. Jumlah tersebut sangat tinggi jika dibandingkan dengan minuman lain. Serat juga tidak mengandung kalori dan membantu memperlambat penyerapan makanan melalui sistem pencernaan serta membantu menjaga kadar gula darah.

Pada saat yang sama, serat dalam air kelapa juga mencegah keinginan makan dan lonjakan gula darah. Penelitian modern telah membuktikan bahwa serat mempercepat perjalanan makanan melalui usus besar, yang membantu menghilangkan feses lebih mudah.



Kandungan lainnya adalah kalium atau potasium. Kelapa mengandung lebih banyak potasium (300mg dalam cangkir) daripada pisang yang merupakan sumber kaya nutrisi. Potasium juga membantu membangun dan memperkuat otot-otot tubuh.

Kandungan protein dalam secangkir air kelapa sebanyak 2 gram. Bagi orang yang menjalani misi penurunan berat badan dengan diet protein, minum air kelapa adalah pilihan yang sangat baik.

Ahli diet juga merekomendasikan menambahkan air kelapa ke dalam asupan karena merupakan sumber vitamin C yang kaya. Anda bisa mendapatkan 10 persen dari kebutuhan harian antioksidan dan vitamin C dari secangkir air kelapa saja.

3 Alasan Air Kelapa Ampuh Turunkan Berat Badan

1. Rendah Kalori
Secangkir air kelapa menawarkan hanya 46 kalori. Ini adalah pilihan yang baik jika dibandingkan dengan minuman kemasan. Minuman kemasan mengandung tambahan gula dan rasa, yang akan membuat tubuh bertambah berat. Minuman alami rendah kalori ini akan membuat terhidrasi dan juga membantu seseorang menurunkan berat badan dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Meningkatkan Kecepatan Metabolisme
Orang dengan tingkat metabolisme rendah berisiko menjadi gemuk cepat atau lambat. Ketika memiliki tingkat metabolisme yang rendah, tidak peduli banyak atau sedikit asupan makanannya, berat badan tetap akan bertambah. Air kelapa membantu meningkatkan laju metabolisme, sehingga membantu melawan obesitas. Air kelapa meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

3. Menurunkan Kolesterol dsn Gula Darah
Sejumlah besar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah. Telah terbukti secara ilmiah bahwa air kelapa bisa menurunkan kolesterol. Air kelapa mengubah kolesterol jahat menjadi asam empedu, yang kemudian dikeluarkan. Air kelapa juga akan mendukung sensitivitas insulin agar gula darah lebih normal.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani