Rutin Cat Ulang Desa Punten Tiap Tiga Bulan

KOTA BATU – Apa yang dilakukan beberapa pemuda dari Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, ini layak ditiru. Berawal dari kesadaran akan pentingnya tempat bermain anak, mereka pun menyulap kampung dengan berbagai warna cat. Sejumlah tempat bermain dipasang di sana. Beberapa gambar kartun dibubuhkan pada tembok dan aspal jalan. Mulai digarap sejak Agustus 2017 lalu, mereka pun tetap rutin melakukan perawatan.

”Iya, setiap tiga bulan sekali dicat ulang dengan karakter yang berbeda,” terang koordinator Kampung Ramah Anak Desa Punten Yanuar Rizqina Fahmi. Dia bersama pemuda-pemudi di sana secara sukarela melakukan perawatan. Berkat konsistensi itulah, Kampung Ramah Anak Desa Punten sempat menyabet sejumlah penghargaan. ”Pernah juara satu tingkat kota, dapat penghargaan dari Dinas Pendidikan Kota Batu,” tambah remaja 18 tahun tersebut.

Tak hanya menyisipi kampung dengan berbagai hiasan, mereka juga menyelenggarakan sejumlah aktivitas edukasi.  Tiap hari Jumat, ada gerakan wajib baca di sana. Layanan pelaporan kekerasan terhadap anak juga ditampung mereka. Karena beberapa gerakan itulah, Kampung Ramah Anak Desa Punten juga dijadikan jujukan studi banding. ”Yang pernah seperti dari Sulawesi, Sumatera Barat, dan Mojokerto,” tutup Yanuar.

 

Pewarta: Falahi Mubarok
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Falahi Mubarok