Rutin Bercinta Bisa Bikin Jiwa Sehat, Cobalah!

Rutin Bercinta Bisa Bikin Jiwa Sehat, Cobalah!

Selain meningkatkan imunitas dan meningkatkan keintiman dengan pasangan, rutin bercinta juga terbukti bagus untuk kesehatan mental. Menurut ahli kesehatan pria dan ahli bedah urologi Amerika Serikat Dr. Jamin Brahmbhatt, timbulnya kesehatan mental disebabkan karena lonjakan hormon tertentu yang dilepaskan selama bercinta.

“Salah satunya adalah dopamin, yang bisa menyehatkan jiwa,” jata Dr. Brahmbhatt seperti dilansir dari Pop Sugar, Sabtu (17/3).

“Itu sebabnya jika berhubungan seks sekali dan benar-benar menikmatinya dengan orang itu, maka pasti bikin ketagihan,” tambahnya.

Pelepasan dopamin itu juga terhubung ke area otak yang bertanggung jawab untuk menghasilkan perasaan positif. Seks juga bisa meningkatkan kadar oksitosin yakni hormon yang membuat seseorang ingin terus mesra. Gelombang oksitosin dapat mengurangi tanda stres dan kecemasan dan bahkan menjadi penangkal rasa depresi.

Lantas seberapa sering pasangan suami-istri harus bercinta? Jawabannya sangat tergantung pada tiap pasangan.



Namun, sebuah studi yang dipimpin oleh Asisten Profesor Psikologi Amy Muise, PhD, di York University menunjukkan bahwa pasangan yang bercinta minimal sekali seminggu lebih bahagia daripada mereka yang tidak. Selain itu, rutin bercinta juga bisa memperbaiki kualitas tidur, meringankan kram menstruasi, mengurangi risiko penyakit jantung, dan banyak lagi.


(ika/JPC)