Rusuh di Pelabuhan Kampung Baru PPU, Sejumlah Bangunan Dibakar

JawaPos.com – Kerusuhan terjadi di Pelabuhan Klotok, Kampung Baru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Rabu (16/10). Akibat peristiwa itu, sejumlah fasilitas rusak. Peristiwa ditengarai karena ada sekelompok masyarakat yang tak terima salah satu anggota kelompoknya dianiaya hingga tewas oleh kelompok lain.

“Karena ada anggota keluarga salah satu kelompok yang dikeroyok hingga tewas. Padahal pelaku sudah kita amankan,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Ade Yaya Suryana saat dikonfirmasi.

Akibat kejadian itu, beberapa bangunan dibakar massa. Salah satun yang hangus dilalap api yakni pos loket tiket pelabuhan. “Ada beberapa bangunan pelabuhan yang dibakar massa,” imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa bermula pada pukul 13.00 WITA, sebanyak 100 orang berdatangan ke pelabuhan menggunakan perahu klotok dan speed boat. Mereka menggelar aksi unjuk rasa terkait kematian salah satu anggota kelompoknya.

Setibanya di pelabuhan pukul 14.20 WITA, massa langsung merusak pos loket tiket kapal klotok dan menghentikan transportasi speed boat maupun kapal. Pada pukul 15.00 WITA terjadi dialog antara perwakilan massa aksi dan pihak kepolisian.

Hanya saja, kata sepakat tak kunjung didapat. Akibatnya sekitar pukul 15.30 WITA, kelompok massa terus bertambah dan melakukan aksi pembakaran terhadap pos loket tiket pelabuhan kapal klotok. Situasi berhasil dikendalikan aparat kepolisian pada pukul 17.15 WITA.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan