Rumah Pintar Pemilu Nasional Jatim Park 1 Diresmikan

KOTA BATU – Pembangunan Rumah Pintar Pemilu Nasional (RPPN) yang selama ini digadang-gadang akan menjadi wisata demokrasi kedua setelah Yogyakarta, Jumat sore (24/1) resmi berdiri di Jatim Park 1. RPPN tersebut sengaja diletakkan di Jatim Park 1 karena wisata buatan tersebut merupakan salah satu ikon pariwisata Kota Batu.

“Alhamdulillah sudah resmi berdiri dan konsepnya lebih modern dengan RPPN yang lainya. Semoga bisa mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Batu,” papar Arief Budiman Ketua KPU RI ketika diwawancarai awak media. Ia juga menjelaskan dengan berdirinya RPPN ini maka Kota Batu resmi menjadi pemilik RPP ke 551 diseluruh Indonesia dan pemilik RPPN ke 2 setelah Yogyakarta.

Dijelaskan lebih jauh, proyek yang menelan anggaran Rp 400 Juta tersebut memiliki lima spot diantaranya zona Audio Visual, Zona Hoax, Zona Simulasi, Mini Perpustakaan, dan Zona Photo Booth.

Di zona Audio Visual tersebut, wisatawan akan dipaparkan tentang pengetahuan-pengetahuan tentang sejarah pemilu, infografis, dan capaian partisipasi Indonesia. Sedangkan untuk Zona Hoax nantinya, pengunjung bisa melihat berita bohong yang menerjang KPU setiap tahunnya dan disertai dengan klarifikasinya

“Kalau untuk Zona Simulasi nanti bisa mengedukasi wisatawan ketika menempati bilik suara karena sudah di setting sedemikian rupa senyata mungkin. Di mini perpustakaan disediakan 56 buku bacaan tentang pokitik, hukum, kpu, dan lain sebagainya serta Zona Photo Booth yang nanti bisa dimanfaatkan untuk berswafoto,” pungkas Arief.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia