Rumah Dua Lantai Tiba-tiba Ambruk, 3 Orang Tewas Karena Terjebak

JawaPos.com – Sebuah rumah dua lantai ambruk di Jalan Pulo gundul. No.43 RT 4/ RW 10, Kelurahan Tanah tinggi Kecamatan Johar baru, Jakarta Pusat. Akibatnya tiga orang tewas akibat kejadian tersebut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Pusat, Hardisiswan menjelaskan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. “Kami dapat informasi ada rumah ambruk. Kami meluncur ke lokasi untuk evakuasi orang yang terjebak di dalam,” kata Hardisiswan seperti dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Jumat (26/4).

Rumah sedang dalam tahap pembangunan tiba-tiba saja amblas dan menimpa sejumlah orang. Alhasil, 13 orang sempat terjebak di dalam reruntuhan. “Yang ambruk 1 rumah. Yang terkena dampak ambruk ada dua rumah yang di sebalah kiri dan kanan,” ujar dia.

Sebanyak 75 personil dari petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengevakuasi orang yang terjebak di dalam. Saat ini seluruh korban berhasil dievakuasi.  Seluruh korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.



“13 orang yang sempat terjebak. Semuanya sudah di evakuasi. Tiga meninggal dunia. Sementara 10 selamat,” katanya.

Sementara itu, salah seorang saksi mata Erwin mengatakan rumah itu memang sedang dalam pembangunan tukang. Menurut dia, para tukang bangunan, sedang mengamplas atau memperhalus bangunan. Namun, tanpa tanda-tanda apa pun, rumah itu tiba-tiba ambruk pada pukul 11.00 WIB dan menabrak mikrolet serta pengendara ojek online.

“Tanpa sebab tiba-tiba bruk runtuh begitu saja. Saya sebenernya bisa saja kena karena berniat melintas di depan rumah itu untuk mengambil mangkok,” ujar dia.