Rumah Bung Tomo Mau Dibongkar? Ini Kata Kadisbudpar

KOTA MALANG – Rumah yang diduga peninggalan salah satu pahlawan perang 10 November, Bung Tomo di Jalan Ijen nomor 6 terancam kehilangan sisi historisnya.

Pasalnya, rumah yang bertetanggan dengan rumah dinas Wali Kota tersebut saat ini tengah direnovasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengaku akan melakukan pendekatan ke pemilik rumah agar tidak melakukan pembongkaran karena berada di lokasi cagar budaya dan merupakan peninggalan sejarah.

“Kita belum tahu apakah ini benar-benar itu peninggalan Bung Tomo. Tapi Meskipun begitu, kita lakukan pendekatan dulu supaya bangunan tersebut tidak dilakukan pembongkaran secara total karena rumah ini kan termasuk warisan sejarah dan kawasan cagar budaya,” tutur ia.

Ida juga menjelaskan, alih-alih membongkar rumah pihaknya bakal menyarankan agar bangunan tersebut untuk direvilitasi. “Contohnya kalau ada yang berlubang temboknya karena sudah tua itu boleh diperbaiki. Pokoknya nggak boleh merubah bentuk,” ujarnya.

Hal itu juga diamini oleh kuli bangunan rumah tersebut Achmad. Dijelaskannya rumah Bung Tomo yang sudah dua minggu mengalami pembangunan itu bakal tidak merubah bentuk rumah dari segi aslinya.

“Iya ini cuma tembok kita bangun dan genteng karena sudah sekitar tahun 30-an kan. Jadi perlu diperbaiki. Tapi untuk letak dan desainnya nggak ada perubahan,” tuturnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia