Ruas Tol Ngawi-Wilangan Sudah Siap Dioperasikan

Dirjen Darat: Sebentar Dihentikan, tapi Masih Bisa Berjalan - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan dinyatakan telah memenuhi seluruh aspek layak fungsi, mulai dari keamanan, keselamatan, hingga kenyamanan.

Ruas tol sepanjang 49,8 kilometer tersebut siap dioperasikan dalam waktu dekat.

”Semua proses sudah selesai, tinggal menunggu suratnya terbit. Setelah suratnya terbit, kami akan langsung sampaikan ke Presiden untuk bisa beroperasi,” tutur Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada Jawa Pos, Kamis (8/3).

Terkait kapan persisnya ruas tol tersebut akan bisa dibuka untuk umum, Endra mengaku belum mendapatkan kepastian. Kepastian, katanya, baru bisa diketahui setelah ada instruksi dari presiden.



Menurut Endra, jika memungkinkan, presiden akan meresmikan langsung. Namun, jika tidak, biasanya akan langsung dioperasikan dengan memberikan pengumuman.

”Ini kan termasuk ruas tol yang panjang. Biasanya, presiden akan meresmikan dulu baru dioperasikan untuk umum,” terang Endra.

Setelah Tol Ngawi-Kertosono, tol Solo-Ngawi ruas Kartasura-Sragen akan menyusul dioperasikan. Kementerian PUPR menargetkan ruas tersebut bisa beroperasi pada April mendatang.

Saat ini, konstruksi yang menjadi porsi pemerintah sudah selesai 100 persen. Sementara yang dikerjakan oleh PT SNJ sudah mencapai 85 persen.