RSUD Malang Beri Kesempatan Mahasiswa untuk Magang

MALANG KOTA – RSUD Kota Malang, tak hanya terus menigkatkan fasilitas kesehatan. Tapi juga membuka kesempatan bagi mahasiswa di bidang kesehatan yang ingin melakukan magang ataupun kunjungan sesuai bidang jurusannya.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa gizi, Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kota Malang, Senin (4/6). Menurut Kepala Instalasi dan Ahli Gizi RSUD Kota Malang Asep Fery Deni Septian, para mahasiswa ini sengaja diiajak untuk memperdalam keilmuan mereka di salah satu kegiatan RSUD Kota Malang.

Tujuannya, tidak lain untuk belajar tentang gizi, baik itu mendiagnosis gizi, juga menangani permasalahan gizi yang ditemukan pada pasien. Selain itu, juga diharapkan agar mahasiswa ini nantinya bisa lebih dapat memahami bagaimana ilmu gizi saat diterapkan di lapangan

Asep mengungkapkan, ada beberapa materi yang diberikan. Di antaranya, menentukan intervensi gizi sampai membuat rencana monitoring dan evaluasi gizi sesuai dengan setiap kasus yang dialami pasien.

“Jadi mahasiswa gizi yang praktik belajar lapangan (PBL) dari Poltekes Malang ini, kita beri dua materi besar meliputi pengisian formulir asuhan gizi pasien, sampai materi tentang manajemen penyelenggaraan makanan di unit produksi makanan instalasi gizi,” ujar Asep.

Diketahui, kunjungan mahasiswa jurusan gizi Poltekes Malang ini bukan yang pertama. Sejauh ini, sudah ada 160 mahasiswa D3 dan D4 Poltekes yang melakukan kunjungan dibidang yang sama.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia