Rp 3,5 M untuk Difabel dan Lansia

KOTA BATU – Penyaluran bantuan senilai Rp 3,5 miliar sudah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk merayakan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Kabid Pemberdayaan Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu Lilik Fariha menjelaskan, bantuan sosial tersebut rencananya bakal disalurkan untuk para penyandang disabilitas dan orang lanjut usia (lansia) telantar.
Untuk penyandang disabilitas, ada 150 orang yang bakal mendapat bantuan. Berikutnya ada 1.025 lansia telantar yang akan mendapat bantuan serupa. ”Mereka diberikan bantuan sosial Rp 500 ribu per bulan, namun (bantuan) ini untuk distribusi enam bulan, tepatnya untuk semester kedua (2018) ini,” jelas Lilik.
Sejumlah kriteria sudah ditentukan Pemkot Batu dalam menyalurkan bantuan tersebut. Bantuan untuk penyandang disabilitas diberikan pada warga yang cacat tubuh dan mental. Sementara bantuan untuk lansia telantar diberikan pada warga yang hidup sebantang kara, tinggal menumpang, dan usia melebihi 70 tahun.
”Untuk bansos pada lansia, karena jumlah mereka banyak, maka sudah diberikan mulai 5 Desember lalu. Mekanismenya langsung kami antar ke rumah warga. Kalau (bantuan untuk) difabel (akan disalurkan) hari ini (kemarin),” tambah dia. Selain memberikan uang tunai, bantuan berupa rehabilitasi tempat tinggal juga diberikan dinsos. ”Tahun ini ada enam titik (rumah) yang kami perbaiki,” kata Lilik. Di Kecamatan Junrejo, Batu, dan Bumiaji, masing-masing ada dua rumah yang diperbaiki.

Pewarta: Aris Dwi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Bayu Mulya