Rombel Bertambah, Siswa dari Desa Pendem Bisa Lanjut Sekolah di SMPN 6 Kota Batu

KOTA BATU – Siswa yang tinggal di Desa Pendem dan sempat terlempar dari SMPN 6 Kota Batu akibat kebijakan zonasi patut berbahagia. Sebab ketentuan penambahan rombel (rombongan belajar) yang diutarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu membuat mereka yang lokasinya paling jauh dengan SMPN 6 Kota Batu mempunyai kesempatan yang sama.

“Kita lihat data anak Pendem hampir semua tidak bisa ke SMPN 3 Kota Batu,” terang Kepala Disdik Kota Batu, Eny Rachyuningsih. Hal tersebut karena masih jauhnya antara Desa Pendem dan SMPN 3 Kota Batu. Kemudian, otomatis siswa Desa Pendem akan terlempar juga dipilihan kedua yakni SMPN 6 Kota Batu.

Kepala SMPN 6 Kota Batu sekaligus Plt. Kepala SMPN 4 Kota Batu, Budi Prasetyo bersyukur sebab kebijakan tersebut membuat siswa Desa Pendem dapat tertampung. Tercatat ada 46 siswa yang memenuhi rombel di pendaftaran hari ini.

“Jumlah tersebut diantaranya 41 siswa berdomisili Pendem,” tegas dia. Sementara untuk SMPN 4 Kota Batu rombel terisi 25 kursi. Diantara jumlah tersebut tidak ada kelurahan/desa yang mendominasi. “Kalau di SMPN 4 rata semua desa bisa tercover, Tlekung ada loh,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan dari hasil rapat Disdik bersama Kepala SMPN se-Kota Batu memang 9 Kelurahan /Desa diberi kesempatan untuk masuk dalam rombel tambahan. Yakni Pendem, Bumiaji, Dadaprejo, Gunungsari, Sumberejo, Pesanggrahan, Songgokerto, Oro-oro Ombo, dan Tlekung. Namun siswa yang berhak mengisi kuota rombel (1 rombel maksimal 32 kursi) hanya siswa yang telah mendaftar pada Senin (17/6) dan selasa (18/6).

Untuk SMPN 4 Kota Batu dibuka bagi peserta didik Gunungsari, Sumberejo, Pesanggrahan, Songgokerto, Oro-oro Ombo, dan Tlekung. Jumlah pagu zonasi semula 221, bila ditambah 2 rombel maksimal berarti maka ada penambahan kursi 64. Sehingga total pagu menjadi 285 kursi. Sedangkan untuk SMPN 6 Kota Batu diperuntukkan peserta didik dari Kelurahan Pendem, Bumiaji, dan Dadaprejo. Kuota semula sekolah ini adalah 188 kursi. Jika ditambah kuota maksimal 2 rombel sebanyak 64 kursi. Maka kursi total dengan penambahan kuota menjadi 252.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Mochamad Sadheli
Penyunting: Fia