Roger Federer Bisa Segera Geser Rafael Nadal di Puncak

Roger Federer Bisa Segera Geser Rafael Nadal di Puncak - JPNN.COM

Roger Federer. Foto: Tennis Australia

RADAR MALANG ONLINE, MELBOURNE – Juara Australian Open 2018 Roger Federer punya kans segera mengambil alih posisi ranking satu dunia dari tangan Rafael Nadal.

Setelah meraih titel grand slam ke-20 di Australian Open, Minggu (28/1) kemarin, Federer dan Nadal hanya terpaut 155 poin di peringkat ATP (Association of Tennis Professionals). Nadal masih bercokol di peringkat pertama dengan 9.760 angka. Federer membuntuti dengan 9.605 poin.

Peluang Federer untuk menempati ranking satu dunia kali pertama sejak lima tahun silam (4 November 2012) datang jika dia turun di Dubai Tennis Championship pada 26 Februari mendatang. Ajang tersebut bertitel ATP 500.



Jika menjadi juara, jumlah poin yang dia raih sudah lebih dari cukup untuk mengkudeta Nadal. Apalagi, ranking satu dunia itu saat ini tengah istirahat total selama tiga minggu lantaran kembali dirundung cedera lutut.

Namun demikian, Federer masih seperti biasanya. Dia tidak mau gegabah. Sampai saat ini petenis 36 tahun tersebut belum memutuskan bakal terbang atau tidak ke Dubai. Pengumpul 96 titel sepenjang karir tersebut mengatakan baru bakal memutuskannya seminggu ke depan.

“Tidak terlalu banyak bertanding. Tidak bermain di setiap turnamen adalah yang membuat saya bertahan sampai saat ini,” ucap petenis asal Swiss tersebut. “Saya baru akan memutuskan semua minggu depan,” tambahnya dilansir ESPN.

Sebanyak 96 gelar yang dikumpulkan Federer membuatnya kini hanya kalah dari legenda tenis Amerika Serikat (AS) Jimmy Connors sebagai pengumpul titel terbanyak dalam sejarah tenis tunggal putra. Connors total punya 109 gelar. Terpaut 13 titel dari Federer.

Sementara itu, 20 titel grand slam membuatnya kini menjadi petenis keempat di muka bumi yang mampu mengumpulkan sedikitnya 20 titel grand slam. Tiga petenis lain di depan Federer semuanya adalah sektor putri yakni Margaret Court (24), Serena Williams (23), dan Steffi Graf (22).