Ringkus Tiga Pelaku Curanmor

MALANG KOTA – Tiga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) diringkus anggota Polres Malang Kota (Polresta). Dari tiga pelaku, dua di antaranya merupakan anggota komplotan, sedangkan seorang temannya hingga kini masih buron.

Dua pelaku curanmor tersebut adalah Jefri Yohanda Putra, 26, dan Dani Fariza, 24. Kepada petugas, keduanya mengaku melakukan empat kali pencurian sepeda motor. Mereka menyasar target tempat parkir supermarket.

”Dari pengakuan tersangka sudah empat kali beraksi. Di Sukun dan Landungsari. Tapi, tetap akan kami tindak lanjuti. Apakah mereka sindikat atau bukan,” kata, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri (21/8) kemarin.

Dari tangan tersangka, polisi menyita tiga sepeda motor, yakni Yamaha Mio, Honda Beat, dan Suzuki Satria. ”Kami juga masih melakukan pengejaran atas nama Ibrahim yang masih buron,” imbuhnya.

Bersama Jefri dan Dani, mereka selalu berboncengan dengan mengendarai sepeda motor. Mereka melancarkan aksinya di tempat parkir supermarket atau pertokoan. Mereka memiliki peran masing-masing agar tidak diketahui orang.



Polisi juga menangkap Yunus Harianto, 41, alias Cece, tersangka pencurian sepeda motor. Pelaku ditangkap di rumah kontrakannya pada 7 Agustus 2019. ”Dia mencuri motor milik temannya sendiri (Kurnia Urip Basuki) 3 Agustus kemarin,” ucap Asfuri.

Sebelum mencuri sepeda motor, pelaku mengajak korban mabuk. Setelah korban teler dan tidak sadarkan diri, pelaku membawa motor korban. ”Lokasi TKP-nya di salon tempat korban bekerja,” ujarnya.

Setelah melihat korban teler dan tidur, tersangka kemudian membawa sepeda motor Honda Beat milik korban yang terparkir di depan salon. Oleh tersangka, sepeda tersebut digadaikan kepada Muhaimin sebagai penadahnya yang juga diamankan polisi.

”Dari hasil itu (gadai), uangnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari oleh tersangka,” jelasnya. Atas perbuatannya tersebut, tersangka dijerat pasal 362 KUHP dan pasal 480 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara. 

Pewarta : M.Badar Risqullah
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Ahmad Yani