Rilis Data BPS Bisa Bantu IHSG Melenggang ke Zona Hijau

Rilis Data BPS Bisa Bantu IHSG Melenggang ke Zona Hijau

JawaPos.com – Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) awal pekan diperkirakan menguat. Penyebabnya, volume beli akan mulai meningkat sebagai awal untuk membentuk tren kenaikan.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada berharap sentimen di pekan depan dapat lebih baik, terutama dari sentimen makro ekonomi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Diperkirakan IHSG akan berada di kisaran support 5.723-5.743 dan resisten 5.815-5.823. Diharapkan kenaikan tersebut tidak dimanfaatkan untuk kembali melakukan aksi profit taking,” ujarnya di Jakarta, Senin (2/7).

Reza menyebut, pergerakan IHSG pasca melemah dapat kembali bergerak di zona hijau. Pelaku pasar memanfaatkan pelemahan dalam sebelumnya untuk kembali masuk.



“Adanya rilis kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 50 bps dimana sesuai dengan perkiraan sebelumnya, memberikan dampak positif pada IHSG dengan harapan dapat menahan gejolak pelemahan Rupiah,” tuturnya.

Padahal, kata dia, laju rupiah hanya menguat tipis seiring masih adanya kenaikan mata uang safe haven lainnya. Di sisi lain, mulai adanya aksi beli investor asing yang dibarengi dengan imbas kenaikan sejumlah bursa saham Asia turut membantu menghijaunya IHSG.

(mys/JPC)