Ridwan Kamil Sebut 50 Juta Warga Jabar Setiap Hari Berebut Jalan

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengungkapkan bahwa di wilayahnya adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia. Kurang lebih 50 juta penduduk menetap di Jawa Barat.

“Jawa Barat memiliki sekitar 50 juta penduduk, yang setiap hari keluar berebut jalan, sumber daya air, kehidupan yang baik, pelayanan kesehatan, hingga pendidikan sehingga kami bersama berkomunikasi memastikan warganya aman dan nyaman,” kata Ridwan Kamil di Mapolda Jawa Barat, Bandung, Jumat (15/2).

Menurut Kang Emil sapaanya, bahwa Jawa Barat merupakan provinsi paling dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Sehingga jika wilayahnya aman dan damai maka Jakarta kondusif. Namun pihaknya memastikan tidak akan ada dampak negatif dari Jawa Barat.

Kang Emil mengingat sebuah prediksi pada 2045 atau tepat 100 tahun kemerdekaan Indonesia, negara ini akan menjadi negara adidaya ke tiga di dunia. Karena Indonesia memiliki wilayah yang luas, jumlah penduduk yang tinggi, dan sumber daya alam yang melimpah.



“Maka Insya Allah akan menjadi negara yang terhormat di dunia. Namun kalau salah satu tidak diterpenuhi maka mimpi ini tidak akan tercapainya,” ujarnya.

Menurutnya, tingkat perekonomian Indonesia minimal 5 persen, bonus demografi pun harus kompetitif. Dalam hal ini generasi muda atau milenial dari usia 25-40 harus berperan aktif.

“Generasi ini harus kompetitif, tapi khawatir generasi digital ini punya dua sisi yakni baik dan buruk. Buruknya mudah terkoneksi dari segala urusan, namun buruknya pengaruh negatif tanpa filter,” paparnya.

Syarat lainnya jika Indonesia capai negara Adidaya maka saat pesta demokrasi atau kontestasi pergantian pemimpin harus berjalan aman dan lancar. “Kalau demokrasi ini aman dan kondusif seperti Jawa Barat saya yakini akan menjadi negara adidaya,” pungkasnya.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Siti Fatonah