Ridwan Kamil Bermimpi Bangun Sirkuit MotoGP di Jawa Barat

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki rencana untuk membangun sirkuit MotoGP di wilayah Jawa Barat. Hal itu dilontarkan ketika bertemu dengan juara dunia MotoGP Marc Marquez di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (9/2) lalu.

Menurut Mantan Wali Kota Bandung yang kerap disapa Kang Emil ini mengatakan MotoGP bukan sekedar sebagai bidang olahraga melainkan sama seperti pariwisata. Sehingga rencana bangun sirkuit di Jabar akan mendukung membangun Jabar Juara di bidang pariwisata.

“Sekarang saya melihat MotoGP ini bukan urusan olahraga tapi pariwisata,” kata Kang Emil di Gedung Sate, Sabtu (9/2).

Rencana pembangunan sirkuit MotoGP di sekitar kawasan Bandara Kertajati Majalengka. Dimana mimpinya akan dibangun sirkuit bertaraf internasional.



“MotoGP ini harus berada dalam radius perhotelan sehingga pariwisata Jawa Barat bisa maju dengan jenis-jenis pariwisata alam dan event. Rencanaya (sirkuit) di sekitar kawasan dekat dengan Bandara Kertajati supaya semua orang seluruh dunia engga terlalu jauh dari Bandara dan memang lahannya mau dikembangkan menjadi kota baru yang disebut Segitiga Emas,” jelasnya.

Lahan yang rencananya akan dijadikan sirkuit MotoGP tersebut sudah ada 200 hektar. Rencananya akan dibangun tahun depan dengan menggandeng sejumlah investor.

“Progesnya tahun ini didahulukan Mou dulu dengan investor, rencana realisasinya tahun depan. Sekitar 200 hektar lahan yang akan dijadikan sirkuit motorGP. Karena saingannya banyak ada Sumatera dan NTB,” tuturnya.

Sebelumnya, Kang Emil mengatakan bahwa sudah dua kali kedatangan investor yang menyatakan minat untuk membuat sirkuit MotoGP.

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Siti Fatonah