Ribuan Jarum Suntik Berserakan di Tepi Jalan

JawaPos.com – Pembuangan limbah medis masih dilakukan di tempat yang tidak seharusnya. Selasa (5/3), ribuan jarum suntik ditemukan di bekas tempat pembuangan sementara (TPS) Jurug. Tepatnya di Jalan KH Masykur, Jebres, Solo, Jawa Tengah (Jateng). Bahkan ribuan jarum suntik tersebut berceceran hingga ke badan jalan.

Ribuan jarum suntik ditemukan salah seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Suwanto. Saat itu, Suwanto bertugas menjaga kebersihan di wilayah Kentingan Jebres. Tetapi, Suwanto mengaku tidak mengetahui siapa atau rumah sakit mana yang sengaja membuang limbah medis secara sembarangan. “Kalau siapa yang membuangnya, saya tidak tahu,” urai Suwanto, Selasa (5/3).

Diduga, ribuan jarum suntik sengaja dibuang pada malam hari. Sehingga aksi itu tidak banyak diketahui masyarakat. Karena jika pembuangan dilakukan siang hari, pasti diketahui warga dan akan ditegur.


LIMBAH MEDIS: Ribuan jarum suntik yang dibuang di bekas TPS Jurug. (Ari Purnomo/JawaPos.com)


Suwanto mengatakan, pembuangan limbah medis sudah beberapa kali terjadi. Bahkan di tahun ini, ia sudah dua kali menemukan limbah medis. “Tahun ini, saya sudah mendapati dua kali limbah medis dibuang sembarangan. Dulu juga di tempat ini,” kata Suwanto.

Melihat jumlahnya yang sangat banyak, jarum suntik itu diperkirakan limbah medis dari sebuah rumah sakit. Sebab jika dari Puskesmas, jumlahnya tidak akan sebanyak itu. “Kalau Puskesmas sepertinya tidak mungkin jumlahnya sebanyak ini,” pungkas Suwanto.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Ari Purnomo