Ribuan Bambu Ditanam Di Sumberbrantas, Ini Harapannya

Wakil Manajemen PT Panggung Electric Citrabuana Eddy Trisna W dan Pejabat Dinas Kehutanan Jawa Timur Putut Adji S saat menyerahkan bibit bambu ke perwakilan kelompok tani Desa Sumber Brantas

KOTA BATU – Peduli lingkungan, PT Panggung Electric Citrabuana dan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo menggelar penanaman ribuan pohon bambu Petung di Kawasan Tahura Sumber Brantas Kota Batu, Rabu (28/11). Penanaman tersebut bukan tanpa sebab, karena intensitas pengetahuan masyarakat akan menjaga lingkungan alam dirasa masih minim.

Kepala UPT. Tahura, Daryono Budi Santoso menyatakan jika kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar mau peduli terhadap lingkungan alamnya. “Karena banyak tanaman itu jelas membawa berkah. Kita memberikan edukasi kepada mereka bahwa tanaman mampu membawa kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Lewat penanaman 1500 bibit pohon bambu ini, ia menekankan kepada masyarakat agar sadar pemeliharaan lingkungan. Pasalnya untuk menciptakan hal itu melalui tanaman tidak hanya selesai pada awal menanam saja, melainkan harus dilakukan perawatan untuk mempertahankannya.

“Saya tekankan kepada mereka jangan hanya menanam lalu sudah. Tapi juga harus dirawat hingga tumbuh hidup, bukannya habis ditandur (tanam) terus ditinggal begitu saja,” imbuhnya.

Di sisi lain, HRD PT Panggung Electric Citrabuana, Totok Dwi H mengharapkan langkah awal dari penanaman bibit pohon bambu tersebut bisa berkelanjutan ke depan sebagai bentuk penyelamatan sumber mata air.



“Mengingat ini langkah awal kami, melestarikan lingkungan dan sebagai penyelamatan sumber mata air. Karena dari sini manfaatnya sangat banyak untuk hari esok dan anak cucu kita,” tandasnya.

Dalam penanaman ribuan bibit bambu Petung ini melibatkan kelompok tani dari Guyub Rukun. Selain itu juga turut disupport Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, dan Himakpa Alumni ITN Malang.

Pewarta: Arifina
Foto: Dokumentasi Tahura
Penyunting : Fia