Resmi Jadi Bupati Malang, Sanusi Siap Datangkan Investor Ke Kabupaten Malang

KANJURUHAN – 11 bulan menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Malang, HM Sanusi rasanya sudah tidak kaget untuk meneruskan roda pemerintahan Kabupaten Malang hingga 2021. Tongkat estafet sudah diberikan. Kini, Sanusi siap kebut program awalnya.

“Sesuai arahan Gubernur tadi, yang harus kita tindaklanjuti untuk datangkan investor di Malang,” tutur politikus PKB ini.

Salah satu yang sudah memberikan lampu hijau adalah investor asal Italia. “Kalau tidak Italia, Perancis. Itu di Bululawang, jalan masuknya saja untuk investasi hampir Rp 3 triliun dan mampu menyerap 6000 tenaga kerja,” tuturnya.

Hanya saja, pria yang akrab disapa Abah ini tak serta merta memasukkan investor. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi jika berminat investasi di Kabupaten Malang.

“Tenaga kerjanya 60 persen harus dari Kabupaten Malang. Jadi itu untuk mengurangi angka pengangguran,” tegasnya. Yang potensial, menurut Sanusi adalah industri pengolahan tetes menjadi ragi.

Terhitung Selasa, (17/9) Sanusi memang terhitung Bupati Malang definitif. Dirinya dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/9) siang tadi.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Darmono
Penyunting: Fia