Renovasi Korban Puting Beliung hampir Tuntas

Renovasi Korban Puting Beliung hampir Tuntas

Pembangunan rumah milik Mbok Jami, 60, warga Dusun/Desa Kedungringin, yang sempat ambruk dan rata dengan tanah saat ada angin puting beliung pada Senin siang (19/2), kini sudah selesai 80 persen. “Per­baikan rumah Mbok Jami sudah hampir selesai, sekitar 80 persen,” ujar Nur Kholis, 35, warga Dusun/Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar.

Menurut Kholis, untuk rumah Mbok Jami itu dibangun total dan mulai lagi dari awal. Sebab, saat ada angin puting beliung rumah itu rata dengan tanah. Untuk pembangunan itu, mengha­biskan dana yang lumayan banyak. “Menghabiskan dana sekitar Rp 9 jutaan,” terang Kholis yang juga anak Mbok Jami itu.

Saat ada bencana alam itu, jelas dia, rumahnya di bagian utara juga rusak. Rumah yang baru dibangun dan belum di­tempati itu, hingga kini belum diperbaiki semua. “Genting yang beterbangan sudah diperbaiki, tinggal dindingnya yang jebol saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepada Desa Tapanrejo, Joko Budi Purnomo, mengatakan rumah milik warganya yang rusak akibat diterjang angin puting beliung sudah diperbaiki semua. Rumah milik Marsono, 50, di Dusun Kedungdandang, Desa Tapanrejo, yang rusak berat juga sudah hampir selesai perbaikannya. “Dibangun atas swadaya dan bantuan para donatur,” cetusnya.

Rumah milik warga yang rusak dan belum selesai perbaikan, lanjut diam akan dikebut agar bisa digunakan oleh pemiliknya. “Par Marsono tidur di dapur, karena rumahnya ambruk,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Genteng. (*)

(bw/rio/rbs/JPR)